13 Poin, Ini Contoh Tata Tertib di Sekolah yang Harus Dipatuhi Siswa

Ketika memasuki jenjang pendidikan, ada aturan yang harus ditaati. Aturan tersebut mencakup segala tata tertib yang dibuat untuk kebaikan bersama. Sebagai pengingat, kamu perlu contoh tata tertib di sekolah agar mampu mentaatinya dan belajar menjadi menyenangkan.

Salah satu tujuan diberlakukannya tata tertib agar pembelajaran di sekolah berjalan dengan baik, aman dan tertib. Masing-masing sekolah memiliki aturan yang berbeda tapi sama-sama mencerminkan nilai positif yang berguna dalam kehidupan baik sekarang atau kemudian hari.

Contoh Tata Tertib di Sekolah yang Harus Dipatuhi Siswa

Contoh tata tertib di sekolah

Tata tertib berlaku untuk semua jajaran pendidikan yang terpaut dalam lingkup tersebut. Namun, ada aturan khusus untuk siswa yang harus ditaati dengan baik. Contoh tata tertib di sekolah yang perlu dipatuhi siswa dari tingkat dasar hingga atas antara lain adalah:

 Hadir di Sekolah Tepat Waktu

Pada umumnya sekolah memberlakukan bel masuk berbunyi pada pukul 07.00 WIB. Dengan demikian siswa wajib hadir di sekolah sebaiknya sebelum jam tersebut. Untuk mengantisipasinya, sekolah memberi aturan wajib datang 10 menit atau 15 menit sebelum bel berbunyi.

Setelah itu maka pintu gerbang sekolah akan ditutup. Jika masih ada yang terlambat, agar meminta izin terlebih dahulu. Untuk tingkat SMP dan SMA akan ada pengarahan apabila sering terlambat lebih dari 3 kali.

Memakai Seragam Lengkap

Contoh tata tertib di sekolah

Seragam menjadi hal penting ketika masuk sekolah. Seragam harus lengkap dengan atribut yang diperlukan dan memakainya harus rapi.

Ikat pinggang, dasi, topi, sepatu, kaus kaki sebaiknya menurut aturan yang telah ditentukan. Memakai atribut perlu disesuaikan dengan kelengkapan seragam, jangan sampai keliru penggunaan atribut sekolah.

Menjaga Kebersihan

Contoh tata tertib di sekolah berikutnya adalah menjaga kebersihan. Aturan ini bukan hanya untuk siswa tapi untuk semua warga sekolah. Menjaga kebersihan merupakan hal penting yang harus kamu lakukan agar sekolah tetap nyaman untuk metode pembelajaran.

Kebersihan mencakup kelas dan lingkungan sekolah. Maka dari itu dibutuhkan jadwal piket agar selalu terjaga kebersihan sekolah dengan baik.

Izin Jika Tidak Masuk Sekolah

Contoh tata tertib di sekolah

Siswa meminta izin jika tidak dapat masuk sekolah karena berbagai hal. Baik itu sakit, ada keperluan mendadak atau hal lainnya. Begitu juga ketika meninggalkan kelas secara mendadak, perlu meminta izin pada guru atau wali kelasnya.

Tata tertib ini untuk mengajarkan agar siswa tidak sembarangan ketika bersekolah. Dengan izin maka pihak sekolah mengetahui apa yang terjadi terhadap siswanya.

Menghormati Guru

Hormat terhadap guru menjadi kewajiban siswa karena guru sebagai teladan mereka selama di sekolah. Contoh tata tertib di sekolah ketika masuk sekolah memberikan salam ketika bertemu guru atau ketika guru menyambut di pintu gerbang sekolah.

Hormat terhadap guru bertujuan agar kamu lebih menghargai orang tua dan tidak sembarangan dalam bersikap. Diharapkan siswa menjadi lebih baik dalam bersikap menghormati yang lebih tua baik di sekolah atau di luar sekolah.

Bersikap Sopan

Aturan yang tak kalah pentingnya adalah siswa harus bersikap sopan terhadap siapa saja. Baik teman atau guru sikap sopan menjadi cerminan bahwa siswa tersebut tetap membumi dan mampu menjaga sopan santunnya.

Misalnya saja kamu tidak boleh menyerobot antrean saat di kantin, meminta izin dengan sopan ketika pembelajaran untuk ke toilet dan lainnya. Bersikap sopan akan memberi wawasan tentang bagaimana lebih menghargai orang lain.

Dilarang Membawa Senjata Tajam

Lingkungan sekolah melarang siswa untuk membawa senjata tajam. Hal ini dimaksudkan agar tak mengganggu ketertiban saat belajar mengajar.

Apapun alasannya contoh tata tertib di sekolah ini menjadi aturan untuk kebaikan bersama. Lingkungan sekolah menjadi nyaman dan pembelajaran dapat dilakukan dengan lancar.

Membawa Uang Saku Secukupnya

Membawa uang saku memang menjadi hak siswa, tapi perlu diingatkan ada aturan juga bahwa yang dibawa secukupnya. Tidak perlu membawa uang terlalu banyak karena tidak baik untuk siswa itu sendiri.

Dengan membawa uang saku secukupnya, siswa berlatih untuk dapat mengelola uang. Jajan di saat tepat tidak terlalu boros dan secukupnya saja.

Menjaga Fasilitas Sekolah dengan Baik

Contoh tata tertib di sekolah

Fasilitas sekolah ada banyak dan siswa diminta untuk ikut menjaga dengan baik. Misalnya bangku dan meja di kelas, tidak boleh dicorat coret, begitu pula dengan tembok di lingkungan sekolah.

Demi menjaga keindahan sekolah dan siswa belajar untuk mengetahui bahwa fasilitas tersebut memang harus dijaga. Siswa belajar untuk menjaga keindahan dan tidak sembarangan merusak lingkungan.

Berteman dengan Baik

Contoh tata tertib di sekolah adalah berteman dengan baik, artinya kamu tidak boleh bertengkar di sekolah. Bertengkar hanya menekankan ego pribadi yang tidak baik untuk karakter di masa mendatang.

Pendidikan karakter memang ditekankan agar membentuk kepribadian yang baik dan tangguh. Dengan menjaga pertemanan, maka sesama siswa akan membentuk tim solid tanpa perlu adanya pertengkaran yang menimbulkan watak negative.

Rambut Anak Laki-Laki Tidak Boleh Gondrong

Untuk anak laki-laki rambut diwajibkan dipotong yang rapi dan pendek. Lebih dipertegas lagi rambut tidak boleh gondrong.

Saat tertentu diadakan sidak yang diperuntukkan untuk cek panjang rambut siswa ini. Jika masih panjang, maka akan dilakukan cukur rambut di sekolah.

Tidak Berdandan Berlebihan

Untuk sekolah jenjang menengah dan atas, anak perempuan tidak diperbolehkan berdandan berlebihan. Dalam artian tidak dibolehkan menggunakan make up terlalu berlebihan.

Berhias atau menggunakan make up cukup seadanya saja karena tidak baik jika tampil terlalu menor. Hal ini demi kebaikan para siswi itu sendiri untuk masa sekarang dan di kemudian hari.

Tidak Bertato

Salah satu contoh tata tertib di sekolah untuk siswa berikutnya adalah tidak diperbolehkan memiliki tato. Hal ini untuk memberi kenyamanan dalam lingkungan sekolah.

Dengan demikian setiap anak memiliki kewajiban untuk mengikuti aturan yang telah ada saat masuk ke lingkup sekolah. Apabila dilanggar, tentu ada sanksi bertahap untuk mempertanggungjawabkan.

Setiap tata tertib memiliki tujuan yang baik bagi para siswa itu sendiri. Selain menjadi lebih berkarakter tangguh dan memiliki sopan santun, juga berakhlak mulia. Lagipula tata tertib tidak memberatkan para siswa malah memberi berbagai pembelajaran yang baik di masa akan datang.

Penutup

Setiap tata tertib di sekolah akan membentuk siswa memiliki kepribadian yang lebih baik. Secara umum tata tertib menciptakan berbagai manfaat bagi siswa itu sendiri. Di antaranya disiplin tinggi, toleransi tinggi, mampu bersosialisasi dengan baik dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

Baca Juga : Konsep dalam Struktur Organisasi Sekolah Beserta Tupoksi-nya

Kamu juga akan tahu hak dan kewajiban sehingga dapat melaksanakan tugas yang diemban dengan baik. Apabila tata tertib ini dijalankan secara optimal maka suasana lingkungan sekolah tenang dan nyaman.

Contoh tata tertib di sekolah dalam lingkungan nyaman memberikan berbagai kemudahan dalam menyerap pelajaran sekolah dengan baik. Meskipun tiap sekolah memiliki aturan yang berbeda, tetap memiliki tujuan positif yang sama.