13 Properti Tari Kuda Lumping Lengkap, Ada Kacamata Hitam

Apakah kamu penggemar tarian yang gemulai dengan pernak pernik keunikan atributnya? Salah satu yang menggunakan atribut keren dan unik ini adalah tarian Kuda Lumping. Properti Tari Kuda Lumping sangat khas dengan dengan cambuk dan kuda lumpingnya.

Dengan adanya properti seperti ini, tarian tidak membosankan untuk dilihat. Jika kamu pernah melihatnya secara langsung bukan lewat media digital, akan kamu temui hal menarik dari berbagai properti tarian yang sarat adat budaya ini.

13 Properti Tari Kuda Lumping, Nomor 13 Jangan Kaget

Properti Tari Kuda Lumping

Pada jenis tarian tertentu, dibutuhkan properti sebagai pendukung agar tarian tersebut terlihat indah dan keren. Propertinya macam-macam tergantung kebutuhan tarian itu sendiri. Khusus tarian dengan gerakan epik dan penuh semangat ini, ada properti Tari Kuda Lumping yang unik.

Properti tersebut secara lengkap dapat kamu cek di bawah ini, yaitu:

Kuda Lumping

Kuda lumping terbuat dari anyaman bambu yang dibuat sedemikian rupa sehingga memang mirip kuda Namun, sekarang ada pula kuda lumping yang terbuat dari plastik. Penampilannya sangat gagah dengan bentuk khas.

Ukuran kuda lumping dapat disesuaikan dengan penarinya. Jika penarinya anak-anak dapat memilih kuda lumping yang kecil. Apabila penari dengan tubuh ABG atau sedang maka memilih kuda lumping ukuran sedang.

Adapun untuk dewasa, dapat dipilih kuda lumping yang ukurannya besar. Ada kreasi seni dalam kuda lumping ini karena terdapat hiasan, gambar agar cantik dipandang mata. Seni menciptakan keutuhan tarian kuda lumping itu sendiri.

Pakaian Khusus

Ada baju khusus yang digunakan penari sebagai properti tari kuda lumping. Bagian atas berupa kaos polos atau kemeja dengan warna cerah membara. Warna ini untuk menarik penonton sehingga terlihat lebih meriah.

Pada grup kuda lumping, desain pakaian ini dapat berbeda-beda dengan keistimewaannya masing-masing. Jika kamu perhatikan, meskipun desainnya berbeda tapi bagian atasan berupa kaos yang dilapisi rompi untuk mempercantik tampilan penari.

Rompi

Rompi menjadi bagian dari pakaian yang dikenakan para penari kuda lumping. Rompi dikenakan setelah mengenakan kaos di bagian atas tapi sebelum Apok.

Adapun rumpi memiliki desain yang berbeda pula dalam setiap grup kuda lumping. Tergantung dari mana asal grup atau paguyuban dan motif tergantung asal daerahnya.

Celana

Bagian dari properti Tari Kuda Lumping adalah celana yang menggantung, meskipun ada sebagian yang menggunakan celana panjang. Namun, sebetulnya celana dipilih yang menggantung untuk memudahkan penari ketika melakukan tarian saat pentas.

Celana gantung ini memberi kesan gerakan tubuh lebih terlihat aksen yang mantap. Ketukan gamelan dan gerakan kakinya terkesan memiliki power jika memakai celana gantung.

Sebagai pelengkap penari menyematkan selendang dengan motif batik pada bagian pinggul. Motif memberi kesan kekentalan adat budaya yang menarik perhatian.

Gelang Tangan dan Kaki

Gelang berwarna keemasan yang mencolok untuk memberi kesan mewah pada pakaian penarinya. Gelang ini digunakan pada penari wanita sebagai aksesoris dalam memperindah tampilan tarian.

Kesan yang didapatkan bahwa tarian mewah dengan desain kostum keren dan sangat menawan. Tampil saat pentas dengan gelang kaki dan tangan membuat tarian mereka terlihat elegan.

Sesumping

Sesumping dapat kamu lihat di bagian telinga penari kuda lumping. Warna yang dipilih adalah warna keemasan yang cantik dan mewah.

Saat digunakan untuk menari, warna ini akan memancarkan pesona dan kilau cahaya yang menarik perhatian. Sesumping sebagai pemanis dalam aksesoris tari kuda lumping.

Apok

Sering lihat tapi mungkin kamu belum tahu namanya. Properti Tari Kuda Lumping Apok dipakai di atas baji dalam dan rompi para penari. Terdapat makna tersendiri dalam pemakaian Apok.

Filosofinya berupa simbol kegagahan dengan bentuk melebar pada bagian bahu. Semakin ke bawah mengerucut hingga sampai bagian dada dan punggung penari.

Cambuk

Properti keren yang membuat tarian tak membosankan adalah adanya cambuk. Atribut yang wajib digunakan ketika menari dari awal hingga akhir.

Cambuk lumayan panjang hingga 2 meter dan keunikan tari kuda lumping terdapat di sini. Ketika penari menghempaskan ke tanah, suaranya terdengar cetar dan nyaring. Hal ini memberi daya tarik tersendiri untuk para penontonnya.

Sabuk Hias

Sabuk hias biasanya berwarna hitam tapi ada pula dengan motif lain tergantung desain kostum itu sendiri. Ikat pinggang berfungsi untuk menguatkan pakaian yang dikenakan penari selama pertunjukan.

Manfaat lainnya sebagai pemanis properti Tari Kuda Lumping agar tarian terlihat lebih bagus dan penuh semangat. Gerakan penari yang enerjik membutuhkan penguatan tarian yang kuat sepanjang tarian berlangsung.

Ikat Kepala dan Penutup Kepala

Ikat kepala dan penutup kepala digunakan pada penari kuda lumping untuk memperindah kostum tarian. Pada grup atau paguyuban tari kuda lumping, ikat kepala berbeda-beda.

Penggunaan ikat kepala ketika pentas akan menarik minat penonton karena terkesan gagah dan unik. Selain itu dapat dikatakan sebagai identitas dari perkumpulan tari itu sendiri.

Parang

Penggunaan parang dalam tarian bukan yang sesungguhnya tapi imitasi belaka. Parang terbuat dari kayu yang dibuat dengan bentuk seperti parang lalu di cat sesuai kebutuhan. Warna yang dipilih disesuaikan dengan kostum yang dikenakan para penarinya.

Parang dibentuk dengan rapi menyerupai parang asli. Meskipun palsu keberadaan parang sangat menarik perhatian selama tampilan tarian kuda lumping.

Kaos Kaki

Ketika kamu menonton, properti Tari Kuda Lumping adalah kaos kaki. Namun, kaos kaki ini tidak semua penari mengenakannya. Dalam banyak pertunjukan sebagian penari tidak memakainya.

Malah kebanyakan tidak menggunakan alas kaki karena gerakannya semakin terlihat estetik dan indah. Ketikan dan irama gamelan disesuaikan dengan gerakan kaki ditambah suara cambuk yang menggelegar.

Kacamata Hitam

Meskipun tidak harus dikenakan, kacamata hitam memberi nilai keunikan tersendiri dalam tarian kuda lumping. Selain terlihat keren, kacamata juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting.

Untuk kamu ketahui, saat pertunjukan akan dibacakan mantra khusus. Jangan kaget jika bacaan mantra ini membuat para penari matanya bergerak secara tak beraturan. Dengan mengenakan kacamata hitam, gerakan ini tak terlihat oleh penonton karena kadang menyeramkan.

Gamelan, Pendukung Tari Kuda Lumping

Properti Tari Kuda Lumping

Pendukung lain yang tak kalah penting tarian ini adalah adanya gamelan yang mengiringi pertunjukan dari awal hingga akhir. Iringan gemalan membuat tarian semakin bersemangat dengan hentakan dan gerakan luar biasa full power.

Baca Juga : Cara Membuat Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat Secara Lengkap

Dalam iringan tersebut gemulai dan liukan penari semakin terlihat jelas dan apik. Perangkat gamelan Jawa ini terdiri dari beberapa bagian yang tak kalah kerennya.

Di antaranya adalah gong, saron, bonang dan kendang. Masih banyak pendukung gamelan ini yang menjadikan iringan semakin terlihat eksotis dan keren kental budaya adat.

Iringan yang bagus dan khas nuansa adat menjadi daya tarik tersendiri Tari Kuda Lumping. Properti Tari Kuda Lumping dengan banyak jenis memperkaya khasanah budaya. Pertunjukan semakin manis dan tak membosankan dengan padu padan luar biasa tersebut.