3 Alternatif Cara Translate Aksara Jawa Mudah dan Cepat

Jika kamu ingin belajar huruf Jawa, kamu bisa mulai dengan belajar tiap huruf. Selain itu, kamu juga menggunakan aplikasi translate aksara Jawa untuk belajar kalimat dan kata dalam aksara Jawa agar lebih mudah. Selain bisa digunakan untuk belajar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat rentetan aksara Jawa tanpa perlu belajar.

Translate Aksara Jawa Menggunakan Key Board

translate aksara Jawa

Untuk mengubah huruf latin ke huruf Jawa, salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan key board langsung. Cara ini memiliki banyak kelebihan. Salah satu keuntungan menggunakan key board untuk me translate aksara Jawa adalah kamu bisa langsung mendapatkan  tulisan aksara Jawa secara langsung.

Untuk kamu yang sering menggunakan aksara Jawa untuk chatting, maka kamu bisa menggunakan cara ini. Sayangnya, cara ini memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah kamu tidak bisa melihat apakah tulisan latin kamu sudah benar atau belum.

Jika tulisan latin kamu salah, otomatis aksara Jawa kamu pasti salah bukan? Jadi, aplikasi ini menjadi lebih cocok bagi kamu yang memang sudah mengerti aksara Jawa. Tujuannya adalah untuk menghindari typo.

Untuk kamu yang ingin menggunakan key board sebagai alat untuk translate aksara Jawa maka kamu bisa langsung membuka Google Playstore di ponsel android kamu. Dari sini kamu bisa lakukan pencarian “Key board Aksara Jawa” di alat pencarian dan kamu hanya perlu melakukan instalasi. Aplikasi tersebut sudah cukup lengkap dan dapat membantu kamu menulis aksara Jawa dengan mudah.

Menulis Aksara Jawa Dengan Aplikasi Ponsel

Selain menulis aksara Jawa dengan menggunakan key board langsung, kamu juga bisa menulis aksara Jawa dengan menggunakan aplikasi yang ada di ponsel kamu. Bedanya dengan aplikasi key board di atas adalah pada aplikasi ini kamu tidak langsung menulis di chat melainkan memiliki bentuk aplikasi sendiri.

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu, baru melakukan kegiatan translasi. Kegiatan translasi bisa dilakukan dari bahasa atau aksara latin ke aksara Jawa. Nah, untuk rekomendasi aplikasinya, ada beberapa aplikasi di android yang akan kami rekomendasikan. Di antaranya adalah :

Aplikasi Aksara Jawa

Aplikasi Aksara Jawa adalah salah satu pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengonversi aksara latin ke aksara Jawa. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk kebutuhan kamu. Bahkan di Google Playstore sendiri, aplikasi ini mendapatkan rating yang cukup tinggi yaitu sekitar 4.2 dari 5 bintang.

Aplikasi ini bisa dibilang cukup mumpuni dalam membantu mengonversi bahasa. Selain itu, user interface-nya juga bisa dibilang sederhana dan mudah digunakan. Untuk mengubah aksara latin ke aksara Jawa hanya perlu menulis kata-kata yang ingin kamu ubah saja.

Menariknya, selain membantu kamu mengubah aksara latin ke aksara Jawa, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk konversi balik. Artinya, jika kamu memiliki kalimat atau kata dalam aksara Jawa dan ingin mengubahnya ke dalam aksara latin, aplikasi ini bisa membantu kamu.

Aplikasi Hana.rip

Aplikasi kedua yang akan kami rekomendasikan adalah aplikasi Hana.rip. Aplikasi Hana.rip juga merupakan aplikasi android untuk membantu konversi aksara latin ke aksara Jawa. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi konversi yang terbaik. Di Google Playstore, aplikasi translate aksara Jawa ini mendapatkan rating 4.4 dari 5 bintang.

Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah melakukan konversi saat diketik secara langsung. Dengan adanya konversi langsung, kamu tidak perlu menunggu kalimat kamu selesai ditulis. Ini membuat kamu bisa belajar tentang aksara Jawa dalam proses translasi.

Aplikasi Hana.rip juga terbaik karena dalam pembangunannya mengacu pada buku pedoman penulisan aksara Jawa yang terpercaya. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu juga tidak membutuhkan ponsel terbaru, asalkan kamu memiliki android dengan versi Lolipop, kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk belajar ataupun untuk bekerja.

Aplikasi Aksårå

Selanjutnya, aplikasi ketiga untuk ponsel android kamu adalah aplikasi Aksårå. Aplikasi ini memiliki user interface yang clear dengan menggunakan warna biru muda dan putih. Aplikasi ini sedikit banyak memiliki tampilan yang mirip dengan Google translate, baik dari logo maupun dari tampilan aplikasi.

Untuk ratingnya, aplikasi  translate aksara Jawa ini mendapatkan rating sebanyak 4.3 dari 5 bintang secara keseluruhan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan konversi 2 arah, yaitu aksara latin ke aksara Jawa dan sebaliknya.

Menariknya lagi, selain dapat digunakan untuk mengonversi aksara Jawa, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menulis dalam aksara lainnya. Mulai dari aksara Bali, aksara Batak Mandaling dan Simalungun serta aksara lain yang sifatnya lokal. Bisa dikatakan aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar beragam aksara daerah dan melestarikan budaya.

Aplikasi AksaraQ

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk translasi di ponsel kamu adalah aplikasi AksaraQ, aplikasi ini seperti aplikasi sebelumnya yang dapat membantu kamu mengonversi aksara latin ke aksara Jawa. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fungsi salin tempel sehingga kamu bisa menggunakan hasil aplikasi ini di manapun kamu membutuhkannya.

Menulis Aksara Jawa Dengan Aplikasi Website Based

translate aksara Jawa

Terakhir, untuk translasi aksara latin ke aksara Jawa, kamu bisa menggunakan aplikasi website based. Aplikasi ini adalah aplikasi yang bermanfaat terlebih untuk kamu yang tidak memiliki sisa memori di ponsel kamu. Untuk kamu yang ingin tahu apa saja aplikasi translate aksara Jawa yang bersifat website based ini, berikut ulasannya.

Aplikasi salin saja

Sesuai dengan nama aplikasinya, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk melakukan translasi dan menyalin hasil translate ke platform yang kamu inginkan. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, kamu hanya perlu membuka halaman Kongresaksarajawa.id/salinsaja dan bisa langsung menikmati fitur translasi yang kamu butuhkan.

Aplikasi Translate Huruf Aksara Jawa – Font Latin Online

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi translasi online. Kamu tidak butuh memori di ponsel atau di komputer kamu yang dedicated untuk aplikasi ini. Kamu bisa langsung menggunakan fungsi dari aplikasi ini dengan membuka halaman Sebuahutas.com/2022/03/translate-aksara-jawa-online-dari-huruf.html.

Aplikasi Translate Aksara Jawa

Aplikasi terakhir yang akan kami rekomendasikan untuk kamu bekerja dengan menggunakan aksara Jawa adalah aplikasi Translate Aksara Jawa. Aplikasi ini bisa kamu akses dengan berkunjung ke Kompiwin.com/translate-aksara/Jawa/.

Baca Juga : Tips dan Cara Membuat Foto Menjadi HD di Picsart

Tidak seperti aplikasi lainnya yang memberikan tools translate di halaman awal, kamu perlu sedikit scrolling halaman website ini untuk bisa menemukan tools translasinya. Meski harus sedikit usaha, kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tetap mudah digunakan.

Aplikasi translate aksara Jawa di atas dapat membantu pekerjaan kamu agar bisa selesai lebih mudah. Sayangnya semuanya memang harus menggunakan koneksi internet. Jika kamu tidak punya internet secara terus menerus, aplikasi key board aksara Jawa adalah yang paling kami rekomendasikan.