5 Cerita Legenda Bahasa Jawa Populer dan Terkenal Dari Masa Ke Masa

Mengingat berbagai kisah legenda seolah membawa ke masa lalu zaman masih duduk di bangku sekolah dasar. Dari cerita legenda Bahasa Jawa yang sering diungkapkan terdapat kisah yang masih teringat di kepala karena keunikan ceritanya.

Kisah legenda memberikan ruang tersendiri ketika mulai menceritakan kisahnya dengan lengkap. Legenda, dari berbagai hal tak pernah membosankan untuk dibahas dan diceritakan secara berulang.

Cerita Legenda Bahasa Jawa yang Sangat Legendaris

cerita legenda bahasa jawa

Legenda, atau cerita legenda dapat dikatakan sebagai kisah rakyat dari zaman dulu yang berkaitan erat dengan asal usul. Sebuah nama, tempat, kisah, masa lalu seperti berbaur menjadi satu hal yang tak bisa begitus aja dilupakan.

Apabila disebutkan sebagai cerita legenda bahasa jawa tentu karena cerita tersebut diceritakan dalam Bahasa Jawa. Maka dari itu otomatis, cerita legenda berkisah di daerah Jawa dan sekitarnya. Legenda dalam cerita bahasa jawa memiliki ciri antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kisah yang diceritakan oleh pencerita dianggap sungguh-sungguh terjadi pada zaman dahulu.
  • Tokoh yang diceritakan adalah manusia.
  • Keduniawaian atau sekuler, artinya kejadian pada masa lampau ditautkan pada masa sekarang.
  • Sejarah kolektif, karena mengalami distorsi, semakin lama kisah yang diceritakan semakin jauh dari kisah asli sesungguhnya.
  • Memiliki sifat migrasi yang artinya kisahnya dapat berpindah-pindah sehingga sampai dikenal di daerah lain yang lebih luas.
  • Memiliki sifat siklus, yang artinya kelompok kisah pada kejadian atau tokoh tertentu.
  • Bahasa Jawa yang sebenarnya dan tentunya dapat dilihat dimana wilayah tersebut yaitu Jawa.

Adapun cerita legenda Bahasa Jawa dapat dibagi dalam 4 jenis cerita. Pembagian berdasarkan dari dasar cerita tersebut memiliki tema apa. Keempat jenisnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Keagamaan

Jenis legenda keagaamaan berkisah pada kehidupan agama. Biasanya menceritakan masa lalu tentang para wali di Jawa yaitu Wali Songo.

Penceritaannya adalah manusia biasa tapi memiliki kemampuan mumpuni dalam penyebaran agama. Dengan begitu legenda yang diceritakan mampu memberi nilai lebih dan figur yang berbeda.

Gaib dan Mistis

Siapa yang tak tertarik adanya kisah gaib, mistis bahkan horror yang membuat berpikir dan bulu kudu merinding? Pada jenis ini kisahnya b akal tidak mudah dilupakan begitu saja menilik memang daya tariknya seperti nyata.

Pada legenda yang menimbulkan rasa dari hal yang tak biasa pada kisah tentang keajaiban tertentu. Dibalur horror dan mistis yang kadang memang menjadi bumbu legenda sesungguhnya.

Sendiri atau Biasa Disebut dengan Perseorangan

Kisah ini menceritakan tentang tokoh tertentu dalam menumpas kejahatan, kedigdayaan keilmuan dan hal lain yang tentu saja menarik pendengarnya. Cerita legenda bahasa Jawa sendiri atau jenis perseorangan dari perjalanan spiritual para tokoh mumpuni.

Kisah seperti ini semakin spesial karena dianggap benar-benar terjadi dan memang terdengar sangat nyata. Dengan adanya legenda sinilah makan perkembangan ceritanya kadang menjadi simpang siur.

Lokal

Legenda lokal bercerita tentang kisah suatu tempat atau daerah lokal dengan asal usul terjadinya nama tempat. Dari kisah yang diceritakan maka wajar saja cerita ini makin lama makin banyak disukai orang.

Adapun cerita legenda Bahasa Jawa selalu membuat penasaran apa saja dan kisahnya seperti apa. Agar tidak penasaran lagi, dapat kamu simak terus di sini.

5 Cerita Legenda Bahasa Jawa yang Terkenang Sepanjang Masa

cerita legenda bahasa jawa

Kisah rakyat yang sarat akan keunikan, falsafah hidup, nasehat dan segala hal mistis nan epik ini tak pernah membosankan untuk dibahas. Terdapat 5 cerita yang familiar dan terkenang sepanjang masa, karena kisahnya memang istimewa sekali.

Rawa Pening dan Baru Klinting

Dalam destinasi wisata sesungguhnya, cerita legenda Bahasa Jawa Baru Klinthing ini terdapat dalam relief yang indah. Luas Rawa Pening sendiri mencapai 3.670 hektar dan masuk wilayah Ambarawa, Bawen, Banyubiru dan Tuntang.

Legenda Jawa Tengah yang berkisah tentang pemuda dalam wujud naga yang Bernama Baru Klinthing dengan ibu dan ayahnya yang seorang pertapa. Dalam perjalanannya ia memasuki wilayah dengan warga yang sombong untuk mencabut lidi.

Tak ada seorangpun yang dapat mencabut lidi tersebut dan air yang memancar tak berhenti hingga membentuk danau. Sedangkan warga setempat tak ada yang dapat menyelamatkan diri. Inilah asal usul Rawa Pening yang legendaris dan selau dikenang sepanjang masa.

7 Bidadari dan Jaka Tarub

Cerita legenda Bahasa Jawa ini masuk dalam Babad Tanah Jawi yang merupakan naskah Kasultanan Mataram. Kisah melegenda tentang seorang pemuda bernana Jaka Tarub yang mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi.

Bidadari Bernama Nawangwulan akhirnya tak dapat kembali ke kahyangan karena selendangnya raib. Jaka Tarub mengambil kesempatan untuk memperistrinya dan mereka dikaruniai anak bernama Nawangsih.

Suatu haru Nawangwulan menemukan selendangnya di lumbung padi dan merasa ditipu Jaka Tarub. Iapun kembali ke kahyangan dan meninggalkan Jaka Tarub.

Asal Usul Candi Prambanan dan Roro Jonggrang

Legenda Roro Jonggrang tak pernah lekang oleh zaman terlebih Candi Prambanan sangat megah dapat dilihat hingga sekarang. Kisah cinta bertepuk sebelah tangan ini populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Bercerita tentang Bandung Bondowoso yang suka dengan putri Prabu Baka, Roro Jonggrang. Hanya saja sang putri tidak menerima karena ia tak mau menikah dengan pembunuh ayahnya. Akhirnya ia memberi syarat tak masuk akal pada Bandung Bondowoso karena didesak terus.

Dimintanya 1000 candi dalam satu malam dan Bandung Bondowoso menyanggupi membuatnya dengan demit, jin serta sejenisnya. Setelah dibangun 999 dalam semalam Roro Jonggrang panik meminta dayang untuk memukul antan agar seolah pagi menjelang.

Bandung Bondowoso menyadari tipuan Roro Jonggrang sehingga sangat marah. Ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu yang kemudian menjadi arca. Arca tersebut sebagai pelengkap candi ke 1000 dan legenda ini penuh kisah cinta yang tak pernah lekang oleh waktu.

Timun Emas

Kisah legenda Bahasa Jawa tentang Mbok Rondo Dadapan yang ingin anak dan ia melakukan perjanjian dengan raksasa. Raksasa memberinya timun keemasan yang apabila dibuka ada anak perempuan maka harus diserahkan sebagai santapan.

Ternyata lahirlah anak perempuan yang diberi nama Timun Emas. Mbok Ronda dan Timun Emas saling menyayangi sehingga cerita ini bercerita bagaimana raksasa berupaya mendapatkan Timun Emas. Adapun Mbok Rondo dan Timun Emas berusaha untuk menghindari dengan berbagai cara.

Ajisaka dan Aksara Jawa

Legenda ini tentang asal usul aksara Jawa yang luar biasa tentang sebuah Amanah, Ajisaka dengan kedua punggawanya Dora dan Sembada. Ajisaka melakukan perjalanan bersama Dora sedangkan Sembada diminta menjaga pusakanya dan hanya dia yang boleh mengambil pusaka tersebut.

Dalam perjalanan Ajisaka mengalahkan Dewatacengkar yang lalin terhadap rakyatnya. Iapun diangkat menjadi raja dan menyuruh Dora mengambil pusakanya.

Baca Juga : Contoh Tari Tunggal Lengkap Sekaligus Asal Daerahnya

Namun, karena sudah janji Sembada tak memberikannya dan keduanya bertarung dengan sengit yang akhirnya sama-sama meninggal. Ajisaka sangat terpukul dan mengenangnya dengan membuat puisi dalam aksara Jawa.

Cerita legenda Bahasa Jawa tak pernah lekang tetap menarik ketika penceritaannya secara berbeda. Kamu dapat melihat bagaimana kisah rakyat ini turun menurun tetap ada hingga sekarang.