7 Contoh Bahan Buatan Kerajinan Kreatif Rumahan

Menambah pendapatan harian dapat kamu lakukan dengan ide kreatif dari banyak bahan untuk dibuat berbagai kerajinan. Contoh bahan buatan yang dapat kamu lihat dari lingkungan sekitar rumah. Dari situ, makan dapat dipikirkan apa yang dapat dibuat dengan bahan yang ada tersebut.

Keterampilan kerajinan ini akan memiliki nilai lebih jika dilakukan dengan teknik pembuatan kualitas bagus dan pemasaran terbaik. Dengan demikian kreasinya sangat beragam untuk hasil seni kreatif tingkat tinggi.

Jenis dan Contoh Bahan Buatan Untuk Ide Bisnis Rumahan

contoh bahan buatan

Contoh bahan buatan dapat dikategorikan ke dalam sifat fisik dari bahan tersebut. Untuk itu yang paling menarik adalah melihat bahan terdekat yang paling mudah didapat. Adapun jenis bahan ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:

Keras

Bahan buatan dapat berupa benda fisik dengan kenis keras. Misalnya saja bahan seng, kaca dan alumunium. Bahan ini diperlukan pengerjaan khusus dan orang yang ahli di bidangnya.

Sedang

Berbahan baku dengan fisik sedang misalnya saja ban karet yang sudah bekas, bekas plastik kemasan, bekal botol air mineral dan masih banyak lagi. Bersifat sedang karena bahan tidak lunak tapi juga tidak terlampau keras.

Lunak

Sifat fisik lunak akan membuatmu lebih mudah dalam mengaplikasikan ide kreatif sederhana. Bahan ini mencakup lilin, clay, karet busa, lembar plastik dan lain sebagainya.

Untuk contoh bahan buatan untuk kreasi ide bisnis rumahan, dapat diambil dari yang ada di sekitarmu. Bahan yang mudah didapat akan menekan biaya bahan dan modal awal. Dengan begitu dapat memaksimalkan apa yang ada dan tidak perlu sulit mencarinya.

Biasanya ide rumahan muncul untuk bahan berjenis lunak atau sedang. Bahan ini akan memberikan keleluasaan ketika berkreasi dan dapat dipelajari dengan mudah melalui internet atau pelatihan khusus.

Dari bahan lunak atau sedang, maka kamu dapat mengkreasikan menjadi banyak hal. Kerajinan ini akan menambah keuangan keluarga dengan bisnis rumahan yang dibuat.

7 Contoh Bahan Buatan Kerajinan Kreatif Rumahan yang Mendatangkan Uang

contoh bahan buatan

Bekerja tak harus di kantor karena dapat pula dilakukan di rumah dengan memiliki ide kreatif. Jika kamu masih bingung memulainya, sekali lagi cek contoh bahan buatan di sekitar yang dapat diberdayakan sebagai media utama.

Bahan di bawah ini dapat dikreasikan menjadi ide kreatif yang menghasilkan uang dengan kerajinan rumahan. Apa saja? Cek langsung yuk.

Kerajinan Kain Perca

Ide kain perca merupakan ide lama yang dapat diolah menjadi lebih kreatif. Kamu dapat membuat berbagai kreasi yang berbeda dari yang lain. Tidak perlu yang ribet dan sulit, tapi yang paling sederhana saja, misalnya:

  • Menghias mukena polos menggunakan kain perca yang dibentuk menjadi banyak motif.
  • Membuat tas dari kain perca dengan campuran bahan sehingga tampilannya berbeda.
  • Gantungan kunci dari kain perca yang dibuat membentuk hewan atau karakter boneka lucu.
  • Membuat kreasi undangan berupa tabung dengan dibungkus kain perca sebagai hiasan unik.
  • Tas selempang mungil yang muat ponsel dan dompet dengan bentuk lingkaran atau bentuk karakter lain.

Kerajinan kain perca dapat dilakukan untuk menambah pendapatan dan penghasilan rumah tangga. Dengan sistem yang bagus dan kain bekas yang dibeli dengan modal murah, kamu dapat membuat kreasi sesuai keinginan.

Kerajinan Koran atau Gulung

Pernahkan kamu terinspirasi untuk membuat gulungan kertas lalu dibuat berbagai macam aksesoris dan benda lain? Hal ini dapat membuat lebih kreatif ketika membuat berbagai barang dari contoh bahan buatan. Meskipun sederhana saja tapi memiliki nilai estetik tinggi, misalnya:

  • Membuat tempat pensil dari gulungan kertas koran bekas yang kemudian diwarnai dengan bagus.
  • Dijadikan vas bunga dengan berbagai model.
  • Dikreasikan menjadi pigura foto yang unik.
  • Dijadikan kotak pesan dengan desain menarik dan lucu.
  • Dibuat tempat alat dandan yang lucu dan tak biasa.

Ide ini dapat berkembang sesuai dengan pemesanan yang dapat menambah pendapatan rumahan. Jangan takut untuk mulai berkreasi lebih ekstrim lagi.

Kerajinan Lilin

Lilin dibutuhkan ketika lampu mati. Namun, contoh bahan buatan lilin ini dapat dijadikan kerajinan yang menjanjikan untuk mendapatkan tambahan keuangan. Dengan kreativitas level tinggi kamu dapat membuatnya menjadi banyak model.

  • Lilin berbentuk unik dan lucu untuk souvenir pernikahan.
  • Lilin warna ceria untuk ulang tahun.
  • Lilin warna warni khusus untuk acara tertentu.

Selain itu bisnis lilin ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Tergantung kreasinya masing-masing. Bahan dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Pemanasan ketika membuatnya mudah dan dapat dilakukan dengan naman.

Pembuatan skala kecil tidak begitu membutuhkan waktu lama. Namun, menghiasnya untuk memiliki nilai estetik tinggi yang perlu menjadi perhatian. Baik menggunakan pita, mote, mutiara buatan yang unik atau lukisan menarik.

Kerajinan dari Bungkus Bekas

Bungkus bekas yang dimaksud berupa sasetan kopi, mi instan atau apapun yang mudah dibentuk. Bungkus bekas dapat dijadikan bahan untuk berkreasi menjadi tas, dompet atau hiasan dinding. Caranya sangat mudah dengan teknik menganyam dan dapat dipelajari siapa saja.

Agar bersih bungkus dicuci terlebih dahulu. Kemudian kamu dapat memilahnya sesuai gambar agar terlihat lebih rapi. Selanjutnya dilipat sesuai kebutuhan untuk anyaman. Bahan ini dapat digunakan untuk membuat produk berupa tas, dompet, bunga hias hingga pigura

Penggunaan bahan akan mengurangi sampah plastik dan dapat dibuat untuk kreasi kerajinan bisnis rumahan. Dibutuhkan ketekunan dan telaten untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kerajinan Kreasi Tie Dye

Contoh bahan buatan yang sedang ngetrend adalah kerajinan kreasi tie dye. Kerajinan ini membutuhkan baju bekas yang sudah kusam warnanya. Baik itu sweater, baju, kaos atau pakaian lain yang sudah tidak digunakan.

Sebaiknya pilih warna polos atau putih dan siapkan pewarna yang digunakan. Caranya dengan melingkarkan kain dengan pembentukan sesuai yang kamu inginkan. Hanya membutuhkan pembelajaran sebentar, maka kamu akan mulai dapat berkreasi dengan mudah.

Jika awalnya baju bekas, dapat mulai membuatnya menggunakan kain polos yang dapat dibeli dengan harga murah. Lakukan kraasi tie dye sehingga motif unik dan aneh membuat orang tertarik. Dengan kreasi yang unik, dijamin orang akan menyukai desainnya.

Baca Juga : Mengenal Lebih dalam Kerajinan Bahan Campuran

Hal terpenting ketika melakukan bahan buatan kerajinan rumahan adalah pemasarannya. Pemasaran dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Online

Melalui media digital seperti situs web dan media sosial baik itu Instagram, Twitter atau FB. Penjualan membutuhkan proses tapi yakin bahwa benda unik selau memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Selain itu dapat pula dimasukkan dalam aplikasi penjualan yang meluas sekarang ini.

  • Offline

Penjualan offline dapat kamu lakukan di rumah dengan tempat seadanya tapi tetap estetik. Buat seperti showroom ala-ala yang membuat orang tertarik untuk datang.

Contoh bahan buatan jika dikreasikan menjadi kerajinan mampu mendatangkan pendapatan yang menjanjikan. Tentunya jika didukung penjualan dan promosi maksimal agar lebih banyak kalangan mengenalnya.