Bagaimana Sih Cara Scan Dokumen ke PDF di HP Smartphone yang Gampang? Ini Tipsnya

Tahukah kamu bahwa ternyata proses scanning dokumen bisa dilakukan hanya dengan menggunakan HP Smartphone saja? Untuk lebih jelasnya lagi, maka simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai cara scan dokumen ke PDF ya!

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Proses Scan Dokumen

cara scan dokumen ke PDF

Bagi kamu yang masih bingung apa itu scanning dokumen, simak penjelasan berikut. Pada dasarnya, scan merupakan sebuah aktivitas yang berguna untuk memindai sebuah objek. Dimana nantinya hasil pemindaian tersebut akan diubah kedalam bentuk digital yang berupa file. Sedangkan alat yang digunakan untuk pemindaian ini tidak lain yaitu bernama scanner.  

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa scan dokumen sendiri merupakan sebuah proses yang menekankan kepada aktivitas memindai menggunakan mesin khusus. Cara kerja mesin scanner sendiri tidak lain yaitu menduplikasi objek yang dipindai tersebut dengan bantuan cahaya yang ada di dalamnya.

Apa Sih Fungsi Scan Dokumen? Ini Dia Jawabannya!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tadi, bahwa fungsi scan tidak lain yaitu untuk memindai berbagai macam dokumen maupun objek. Dimana nantinya struktur teks maupun gambar tersebut akan dideteksi oleh sensor dalam mesin.

Jika sudah, nantinya gambar maupun teks tersebut akan dikonversi ke bentuk digital. Baik itu menjadi file JPEG maupun PDF. Apabila sudah dikonversi menjadi bentuk digital, maka kamu bisa menyimpan secara bebas dimana saja.

Bisa di smartphone, komputer, laptop, atau bahkan di sistem cloud sekalipun lho! Sangat menarik bukan? Tentunya hal itu akan memudahkannya untuk menyimpan berbagai macam dokumen nantinya.

Format Digital PDF dalam Proses Scan Dokumen

cara scan dokumen ke PDF

Bagi kamu yang masih bingung, ini penjelasan mengenai format digital yang ada dalam proses scanning dokumen. Pada dasarnya, menentukan jenis format digital merupakan salah satu langkah yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini tidak lain untuk menghemat ukuran file penyimpan di memori HP maupun Laptop Kamu nantinya. Umumnya, hasil scan yang disimpan akan berbentuk gambar dengan format file berupa JPEG. Tetapi seiring berkembangnya zaman, hasil scan tersebut bisa disimpan ke berbagai macam format.

Sehingga bisa membuatmu lebih mudah dalam mengedit, membuka, mengatur, hingga memprosesnya di berbagai media elektronik pastinya. Salah satu format file yang kerap digunakan untuk menyimpan hasil scanning dokumen tersebut tidak lain yaitu berupa PDF.

Tidak sedikit orang yang menyimpan hasil scanning dokumen dalam bentuk PDF karena dirasa lebih aman dan juga bisa diproses ke berbagai media. Menariknya lagi, gambar maupun objek teks yang telah di scan tersebut juga tidak mudah pecah saat akan diperbesar alias di zoom.

Beda halnya dengan format file JPEG yang jika diperbesar cenderung akan lebih mudah pecah. Bahkan, ukuran filenya sendiri sangat besar, maka dari itu tidak heran jika banyak orang  mulai meninggalkan format JPEG ini saat memindai dokumen.

Ini Dia Cara Scan Dokumen ke PDF di HP Smartphone yang Gampang, Mau Tahu?

cara scan dokumen ke PDF

Dulu, proses memindai berbagai dokumen hanya bisa dilakukan menggunakan mesin scanner dan komputer saja. Sekarang, zaman sudah semakin canggih sehingga bisa melakukan proses scanning hanya dengan menggunakan bantuan HP Smartphone saja.

1. Gunakan Bantuan Aplikasi Office Lens

Aplikasi yang pertama ini merupakan keluaran dari perusahaan Microsoft. Dimana kamu bisa menggunakan software yang satu ini untuk menyimpan dokumen yang telah di scan. Menariknya lagi, ternyata aplikasi Office Lens ini bisa diaplikasikan di HP Smartphone dengan sistem operasi Android dan juga iOS lho!

Cara scan dokumen ke PDF dengan menggunakan aplikasi Office Lens ini sangat mudah. Terlebih dahulu kamu harus mengunduh aplikasi Office Lens tersebut di Google Play Store maupun App Store.

Bahkan, cara kerja dari aplikasi Office Lens ini juga sangat canggih. Hal ini dibuktikan dengan proses koreksinya yang menempatkan bentuk, posisi, dan cahaya secara pas supaya bisa dokumen yang telah dipindai tadi dapat dibaca dengan mudah.

Setelah mengunduh dan juga memasangnya di HP Smartphone milikmu itu, maka kamu bisa langsung membuka aplikasinya saja. Jika sudah, diarahkan ke bagian dokumen yang ingin dipindai lalu tekan tombol kamera. Tetapi sebelumnya pastikan terlebih dahulu jika dokumen tersebut sudah benar-benar pas dan tidak terpotong dalam kamera.

Jika hasil pemindaian yang kamu lakukan tersebut belum sesuai maka atur atau edit gambar dokumen di dalam aplikasi Office Lens. Dimana kamu bisa memotong bagian yang tidak penting, hingga menyesuaikan cahayanya juga.

Setelah itu, tekan tombol papan dengan icon centang jika sudah disimpan dengan mengklik Save. Bagaimana, cara scan dokumen ke PDF dengan menggunakan aplikasi Office Lens ini sangat mudah dilakukan bukan? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

2. Cara Scan Dokumen ke PDF Menggunakan Aplikasi Google Drive

Biasanya aplikasi Google Drive ini sudah terpasang secara otomatis di HP Smartphone dengan sistem operasi Android. Tetapi, jika HP Smartphone milikmu itu belum terpasang aplikasi Google Drive, maka segera unduh terlebih dahulu di Google Play Store ya!

Langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu tidak lain yaitu dengan cara membuka aplikasi Google Drive tentunya. Jika sudah, tekan tombol + lalu pilih opsi Scan alias pindai untuk menyimpan hasil dokumen milikmu dalam bentuk digital.

Setelah itu, kamu tinggal mengarahkan kamera pada dokumen yang ingin dipindai. Lalu ambil gambarnya dengan mengklik tombol kamera di aplikasi Google Drive tersebut. Apabila kamu ingin mengeditnya maka bisa lakukan dengan cara memotong, memutar, hingga mengambil ulang dokumen tadi.

Selesai, kamu tinggal mengklik done saja untuk menyimpan dokumen. Jadi, apakah kamu sudah paham mengenai cara scan dokumen ke PDF dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Drive ini?

3. Manfaatkan Aplikasi Cam Scanner

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama Cam Scanner ini untuk memindai dokumen hanya dengan menggunakan bantuan HP Smartphone saja. Menariknya lagi, aplikasi Cam Scanner tersebut bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store lho!

Tentunya kamu harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Cam Scanner ini supaya bisa menggunakannya. Jika sudah, langsung buka aplikasi Cam Scanner tersebut lalu jangan lupa login dengan menggunakan akun email milikmu.

Baca Juga : Cara Membuat Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat Secara Lengkap

Tetapi kamu juga bisa langsung menggunakan aplikasi Cam Scanner tersebut untuk memindai dokumen tanpa harus login kok! Jika sudah mengarahkan kamera pada dokumen yang akan dipindai, langsung saja tekan tombol kamera.

Jika kamu ingin mengedit gambarnya maka bisa sesuaikan bentuknya maupun memotong bagian yang akan dibuang. Setelah selesai, save lalu dokumen hasil pemindaian di kamera HP tersebut akan tersimpan dalam bentuk PDF.

Penutup

Jadi, setelah mengetahui ulasan artikel di atas tadi mengenai cara scan dokumen ke PDF dengan menggunakan HP Smartphone, apakah kamu sudah paham sampai sekarang? Jika sudah, maka segera praktekkan tips tersebut supaya kamu lebih paham lagi ya!