Beberapa Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus, Sederhana Kok!

Salah memilih menu dan bahkan lupa jika masih ada chat penting di Whatsapp lalu terhapus, ini memang terkadang tidak terduga bukan? Pastinya kamu akan kebingungan, namun ada beberapa cara mengembalikan chat Wa yang terhapus yang bisa saja menjadi solusi. Nah, kali ini akan kita bahas tentang cara-cara tersebut.

Sebelum mendapatkan solusinya, tentu ada banyak sekali alasan kenapa chat WA terhapus. Ada yang salah dalam klik atau memencet tombol di menu smartphone. Misalnya delete for me atau clear all chat, bisa juga karena kamu sudah memutuskan untuk ganti HP baru dan lupa karena tergesa lalu melakukan reset.

Beberapa hal diatas memang sering kali membuat chat-chat yang ada di pesan WA milik kamu akan hilang dengan tiba-tiba.

4 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

cara mengembalikan chat Wa yang terhapus

Lalu bagaimana solusi bijak jika kamu ingin mengembalikan sejumlah chat yang sudah terhapus itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

Siapkan File Backup

Langkah dan cara mengembalikan chat Wa yang terhapus pertama adalah menyiapkan file backup lebih dulu. Aplikasi WA memang sudah menyediakan sejumlah piliha menu backup. Hanya saja membutuhkan pemahaman bagi pemakai smartphone apakah mengetahui apa kegunaan menu ini lebih dulu.

Backup adalah menyimpan semua kinerja atau aktifitas yang sudah tersimpan didalam aplikasi WA. Sedangkan didalam aplikasi WA sendiri sudah tersedia beberapa pilihan menu backup baik secara harian, mingguan, bulanan atau tidak sama sekali di backup.

Jika dilihat dari sejumlah penempatan file backup sendiri, antara pengguna android dan iOs memang berbeda. Jika di sistem android cara mengembalikan chat Wa yang terhapus  ada dimenu setting -> chats -> chat backup dan langsung akan masuk ke Google Drive. Sedangkan di iOs semua hasil backup akan masuk secara langsung di iCloud pengguna.

Asalkan kamu rutin melakukan backup, sudah pasti semua chat yang sudah tersimpan disana akan mudah sekali dibuka kembali atau dikembalikan ke kondisi semula sesuai terakhir kamu melakukan permintaan backup. Namun akan berbeda jika kamu jarang melakukan langkah ini.

Namun jangan khawatir, jika masih belum bisa mendapatkan data yang ingin dibuka kembali, ada beberapa alternative cara lain yang juga akan kita bahas selanjutnya.

Masuk ke Google Drive

Kemudian cara mengembalikan chat Wa yang terhapus dengan masuk ke Google Drive. Cara ini bisa dijalankan bagi pengguna android. Namun untuk melakukan cara yang satu ini setidaknya kamu sebagai penguna memang harus pernah melakukan backup lebih dulu. Jika yakin sudah di backup sebelumnya, inilah beberapa langkah yang bisa digunakan.

  • Lakukan uninstall lebih dulu aplikasi WA di perangkat yang sudah tertaut dengan akun kamu.
  • Silahkan download kembali aplikasi WA dari Play Store, dan install.
  • Lakukan login dengan memasukkan semua ketentuan baik nomer WA kamu dan lakukan verifikasi.
  • Saat masuk, pengguna akan mendapatkan sebuah notifikasi. Lakukan restore atau pulihkan. Silahkan memilih pemulihan dari Google Drive. Klik IYA dan Next.

Tunggu beberapa saat, maka sistem akan melakukan pemulihan chat yang sudah masuk ke file backup. Beberapa chat yang terhapus akan masuk kembali ke halaman chat WA.

Melalu iCLoud

Bagi pengguna iPhone, cara mengembalikan chat Wa yang terhapus tentu saja harus memanfaatkan beberapa fitur yang sudah ada di sistemnya. Langkah paling utama adalah masuk ke iCloud. Sebenarnya cara yang bisa kamu jalankan hampir sama dengan pengguna android. Inilah beberapa pemulihan chat yang terhapus dari perangkat iOs.

  • Sebelumnya silahkan lakukan uninstall lebih dulu aplikasi Whatsapp di perangkat yang sudah tertaut dengan akun kamu.
  • Silahkan download kembali aplikasi Whatsapp dari App Store, dan install sampai selesai prosesnya.
  • Lakukan login dengan memasukkan semua ketentuan baik nomer Whatsapp kamu dan lakukan verifikasi.
  • Saat masuk, pengguna akan mendapatkan sebuah notifikasi. Lakukan restore atau pulihkan. Silahkan memilih pemulihan dari iCloud. Klik YA dan Next.

Setelah itu silahkan meunggu beberapa saat. Sistem akan mendeteksi atau melakukan pemulihan hasil backup yang sudah ada di dalam iCloud. Jika prosesnya sudah selesai maka semua chat akan kembali ke menu Whatsapp milikmu.

Jika Tidak di Backup

Jika kamu tidak pernah melakukan backup sebelumnya, cara mengembalikan chat Wa yang terhapus sebenarnya bisa saja dipelajari. Hanya saja bagi penguna tidak perlu takut dalam mencobanya. Mungkin ini hanya sebagian langkah mendapatkan beberapa chat baru, namun juga terbukti efektif bisa mengembalikan chat yang terhapus.

Dalam penjelasan sejumlah orang yang pernah mencobanya, sebenarnya aplikasi WA sudah melakukan backup sendiri tanpa kita sadari. Apalagi sistem memang bekerja secara default dan terkadang beberapa salinan chat bisa kamu temukan kembali di penyimpanan HP.

Namun yang pantas kamu ketahui, sistem akan melakukan backup sendiri di jam 02.00 dan hanya akan bekerja dalam penyimpanan selama seminggu saja. Jika masih dalam kisaran waktu belum ada seminggu, maka chat kamu memang masih aman tersimpan disana.

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus memakai langkah ini hanya akan bekerja di Android saja. Inilah beberapa cara yang harus kamu jalankan.

  • Silahkan masuk ke menu folder yang ada di File Manager smartphone Android kamu. Cari ke folder WhatsApp lalu langsung masuk ke Database Folder.
  • Didalam folder ini sudah terdapat beberapa folder yang tersusun rapi menyesuaikan urutannya. Cari nama file folder msgstore.db.crypt12″, kemudian silahkan kamu langsung mengganti nama file tersebut menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”.
  • Didalam folder diatas, sudah terdapat data-data aktifitas WhatsApp jadi semua chat yang telah dibuka atau masuk sudah tersimpan langsung disana.
  • Kemungkinan file backup akan menyesuaikan dengan tahun, bulan, dan tanggal. Silahkan menentukan urutan yang paling baru untuk menemukan chat yang masuk ke penyimpanan terakhir ketika sistem aplikasi melakukan backup data.
  • Silahkan kembali ke Google Drive dan lakukan penghapusan pada file backup WA disana. Jika sudah terhapus maka sistem akan langsung bekerja melakukan pemulihan. Sedangkan hasil pemulihan yang di ambil oleh sistem akan otomatis dari penyimpanan backup yang tersimpan di penyimpanan lokal HP.

Lakukan uninstall WA dan kemudian download lalu install kembali ke smartphone kamu. Dengan begitu saat aplikasi melakukan pemulihan atau restore, maka aplikasi akan mengambil vackup dari file penyimpanan HP kamu. Semua chat akan kembali lagi.

Penutup

Semua diatas akan semakin bekerja maksimal jika pengguna rajin melakukan backup data. Jadi jika ingin tidak mengalami beberapa hal yang tidak diinginkan maka backup menjadi salah satu solusi jika kamu tidak ingin kehilangan semua data atau chat di WA.

Nah itulah beberapa cara mengembalikan chat Wa yang terhapus dan bisa kamu coba sendiri dirumah. Semoga kamu semakin bijak dalam memakai aplikasi chat ini.