Beberapa Contoh Iklan Kolom dari Banyak Bidang

Memperhatikan contoh iklan kolom menjadi hal cukup penting yang perlu diperhatikan sebelum kamu membuatnya. Fungsinya adalah menghindari kesalahan saat proses pembuatannya karena memiliki sedikit perbedaan dari jenis lainnya.

Sebenarnya Apa Itu Iklan Kolom?

contoh iklan kolom

Saat mendengar istilah tersebut tentu kamu akan sedikit bingung. Perlu diketahui iklan kolom sendiri merupakan sebuah wadah yang memiliki banyak fungsi. Meskipun pada dasarnya dinamakan iklan, namun di dalamnya dapat memuat berita mengenai belasungkawa, layanan masyarakat, dan sejenisnya.

Iklan kolom pada umumnya dapat kamu temukan di koran yang bisa berupa iklan komersial dan non komersial. Hanya saja bagiannya tidak terlalu besar dan disampaikan secara singkat. Bahkan seringkali disamakan dengan iklan baris.

Perbedaan paling mendasar antara keduanya yaitu jika iklan kolom seringkali diberikan gambar untuk memperkuat pesan yang disampaikan. Gambarna sendiri bisa berwarna ataupun tidak tergantung dari masing-masing orang atau lembaga yang berkepentingan. Supaya lebih mudah mengenalinya, berikut ciri-cirinya:

  • Bisa berisi banyak informasi seperti layanan, produk, ataupun hal yang bersifat pribadi misalnya ucapan belasungkawa.
  • Ukuran dari iklan kolom cenderung lebih besar dibandingkan dengan iklan baris karena dilengkapi gambar.
  • Informasi yang diberikan berupa kata-kata singkat dan padat diperkuat dengan penggunaan gambar bisa berupa gambar atau foto.
  • Iklan kolom sering dianggap lebih menarik karena memiliki gambar dengan ukuran sedang bisa berwarna atau[pun hanya hitam putih saja.
  • Karakteristik lainnya yaitu iklan kolom jauh lebih mahal karena memang memuat gambar yang membutuhkan tinta lebih serta menempati banyak ruang.

Fungsi Iklan Kolom

contoh iklan kolom

Bagi pembaca koran tentu sudah tidak asing dengan iklan kolom. Jenis iklan satu ini memang sering dipilih oleh masyarakat biasa ataupun pebisnis dengan tujuan untuk memberitahu khalayak luas. Hanya saja di era perkembangan teknologi seperti sekarang banyak yang mempertanyakan fungsinya.

Pebisnis serta pengusaha atau lembaga banyak yang beralih ke jenis iklan media sosial karena memang dianggap lebih mahal serta memberikan pengaruh besar. Meskipun begitu, pengaruhnya cenderung besar karena bisa memuat gambar produk. Berikut penjelasan mengenai fungsinya:

  • Menarik minat target audience yang ditujua karena setiap produknya memiliki perbedaan mulai dari untuk remaja, dewasa, dan orang tua.
  • Memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan penjualan karena disertai dengan foto produk atau hal yang ingin dimuat di dalam iklan kolom.
  • Pemaparan yang dimuat bisa lebih detail karena ruangan untuk iklan kolom lebih besar dibandingkan iklan baris.

Contoh Iklan Kolom dari Banyak Bidang

contoh iklan kolom

Agar lebih dapat mengenalnya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membuatnya. Hal ini dapat diketahui dengan memperhatikan pemaparan mengenai contoh-contohnya yang akan dibahas pada paparan berikut ini:

1. Iklan Kolom Produk Elektronik

Produk elektronik sangat umum dimuat dalam iklan kolom yang terdapat di surat kabar. Jenisnya bisa berupa TV, radio, handphone, dan masih banyak lainnya. mengenai ukurannya biasanya lebih kecil karena gambar yang dimuat terbilang mini.

Pemaparannya juga singkat yaitu berupa harga, ciri-ciri, dan spesifikasi lengkapnya. Contoh yang dapat kamu terapkan yaitu, Hard TV akan memberikan pengalaman menonton film lebih puas karena sudah memiliki kualitas tampilan grafis UHD, dilengkapi layar super luas.

2. Iklan Kolom Produk Kecantikan

Salah satu jenis iklan kolom yang sering digunakan saat ini adalah mengenai produk kecantikan. Sebagai cara untuk meningkatkan daya beli masyarakat, maka dilakukan publikasi dengan beriklan melalui media massa.

Banyaknya jenis produk kecantikan menuntut pengiklan mendeskripsikan dengan detail produk apa saja yang dipasarkannya misalnya bedak, pelembab, lipstik, atau lainnya. Jangan sampai menggunakan kata-kata mabigu atau bahkan bermakna ganda.

Apabila masih bingung, bisa menyimak contohnya. Sari Bengkuang, berkhasiat mencerahkan dan melembabkan wajah kering wanita Indonesia. Di dalamnya dilengkapi dengan SF untuk melindungi dari sinar UVA dan UVB.

3. Iklan Kolom Pencegahan Narkoba

Sebab isi yang disampaikan seringkali memuat hal yang bersifat edukasi dan cukup berat, seringkali penyampaiannya melalui iklan kolom. Penjelasan di dalamnya memang singkat, akan tetapi mengenai pengaruhnya sudah tidak dapat diragukan lagi.

Salah satu contoh iklan kolom layanan masyarakat yang sering dimuat adalah pencegahan narkoba. Dengan target market anak muda, maka penggunaan tata bahasa serta gambarnya harus dapat mempengaruhinya.

Sebagai contohnya yaitu, jangan sakiti dirimu dan keluargamu dengan narkoba. Cukup angkat kedua tanganmu dan berdoa kepada Tuhan YME jika masalah di pundak terasa sangat berat.

5. Iklan Kolom Jasa Laundry

Seiring berjalannya waktu, jasa laundry terutama di perkotaan semakin banyak sehingga persaingan semakin ketat. Supaya dapat lebih dikenal orang banyak, iklan kolom sering dipilih karena disertai dengan pemaparan sekaligus gambar penguat.

Bunga Laundry merupakan solusi terbaik yang akan membuat pakaian kamu bersih dan harum layaknya bunga. Tarif yang dipatok hemat di kantong, karena per kg nya hanya perlu membayar Rp 3.000 rupiah saja.

Pada salah satu bagiannya, perlu disematkan gambar pendukung misalnya tumpukan baju yang tertata rapi. Jangan lupa memberikan pemaparan menarik agar banyak orang terpengaruh dengan iklan tersebut.

6. Iklan Kolom Layanan Jasa Percetakan

Mengingat jasa percetakan semakin banyak, pelaku usaha bidang ini perlu melakukan promosi supaya lebih dikenal oleh khalayak luas. Iklan kolom seringkali dijadikan sebagai pilihan terbaiknya karena memiliki jangkauan luas. Contohnya ada di bawah ini:

Berkah Jaya, melayani berbagai keperluan percetakan baik teks maupun gambar berwarna. Kualitasnya? Tidak perlu khawatir karena seluruh prosesnya telah didukung dengan alat berkualitas serta tenaga kerja ahli dalam bidangnya.

7. Iklan Kolom Ucapan Terimakasih

Bukan hanya iklan komersial, dan iklan kolom juga sering memuat pembahasan lain misalnya saja mengenai ucapan terima kasih. Pada jenis ini pemaparannya seringkali dibuat sedikit lebih panjang dari lainnya. Namun penulisannya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Contoh yang dapat kamu terapkan adalah, Diucapkan terima kasih untuk seluruh sponsor. Berlangsungnya acara besar yang kami adakan ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dari Anda sekalian.

Selain ucapan terima kasih, iklan kolom juga sering digunakan untuk mengucapkan bela sungkawa pada tokoh besar pada suatu perusahaan atau daerah. Umumnya di dalamnya akan diberikan foto orang bersangkutan sekaligus nama beserta gelarnya.

8. Iklan Kolom Jasa Pendidikan

Jasa pendidikan menjadi salah satu yang sering dimuat pada iklan kolom misalnya berkaitan dengan les privat maupun umum. Pembuatan deskripsinya juga tidak terlalu sulit, begini contohnya:

Belajar Matematika semakin sulit? Tidak perlu khawatir, Bimbel Sarjana menyediakan paket khusus untuk kamu yang ingin mendalami seluruh rumus Matematika secara cepat dan praktis. Kamu juga akan dibimbing oleh tenaga ahli dalam bidangnya menggunakan teknik mudah dimengerti.

Baca Juga : Cara Membuat Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat Secara Lengkap

Setelah menyimak contoh iklan kolom, diharapkan kamu dapat lebih mengerti bagaimana cara membuatnya. Membuat deskripsi iklan kolom memang perlu teknik khusus supaya dapat memberikan pengaruh pada khalayak tujuan secara efektif.