Cara Membuat Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat Secara Lengkap

Banyak orang yang merasa kesulitan saat hendak membuat contoh kritik karya seni rupa. Padahal sama dengan keilmuan sastra, seni rupa juga memiliki kritik karya. Yang memiliki tujuan untuk memperlihatkan kelebihan dan juga kekurangan dari sebuah karya seni rupa misalnya lukisan.

Selain memahami kekurangan maupun kelebihannya sebuah kritik dibuat juga memiliki tujuan positif lainnya. Yakni untuk lebih menggali apa yang bisa dipelajari dari sebuah karya seni rupa.

Cara Membuat Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat

contoh kritik seni rupa

Cara membuat contoh kritik karya seni rupa singkat memang tidak mudah bagi yang awam terhadap karya seni yang satu ini. Namun dengan memahami mengenai karya seni rupa dengan baik langkah ini bukan tidak mungkin dapat dikerjakan dengan mudah. Agar lebih mudah lagi anda dapat mengikuti langkah dibawah ini:

Tahapan dan Cara Membuat Kritik Karya Seni

Tahapan awal dalam membuat contoh kritik karya seni rupa yang merupakan aktivitas pemberian respon terhadap suatu karya. Yang pada akhirnya bisa memunculkan kelemahan dan kekuatan dari suatu karya seni rupa yang tidak diketahui dengan mudah oleh orang awam.

Sehingga sebaiknya saat memberikan informasi penilaian beserta berbagai aspek yang diberikan hendaknya dapat menunjukkan kualitas dari suatu karya. Tidak hanya mampu meningkatkan pemahaman akan karya yang dinilai saja. Melainkan juga menjadi standar untuk karya seni selanjutnya.

Fungsi utama dari kritik karya seni ini sesungguhnya adalah pengisi ranah apresiasi dan persepsi dari sebuah karya seni, antara seniman maupun penikmat seni. Dibuat dengan gaya tulisan maupun lisan yang digunakan untuk menganalisa dan mengekplorasi.

Kritik seni juga menjadi media komunikasi yang baik antara seniman dengan penikmat seni sehingga menjadi lebih mudah. Sehingga layak dibuat dengan kualitas yang baik dan mumpuni sebagai wakil atau penyambung lidah dari karya seni itu sendiri.

Tujuan Dari Kritik Karya Seni

Contoh kritik karya seni rupa yang bagus dan berbobot yang dapat memberikan perkembangan terhadap karya itu sendiri. Karena sesungguhnya contoh kritik karya seni yang dilakukan memiliki dua tujuan yaitu:

  • Sebagai sarana untuk memperkenalkan atau mempopulerkan minat terhadap karya seni dan budaya.
  • Sebagai usaha untuk memahami, menghargai dan mengapresiasi karya seni yang menganykut perbedaan pada kehidupan sehari-hari.

Dua tujuan tersebut memiliki maksud dan efek yang baik bagi suatu karya seni rupa. Membangun seniman yang membuatnya menjadi lebih termotivasi untuk membuat yang lebih baik. Dan meningkatkan minat seseorang terhadap karya seni tersebut.

Penilaian

Dalam tahapan yang diterapkan untuk membuat contoh kritik karya seni rupa, penilaian merupakan proses yang penting. Karena memiliki tujuan untuk melihat kualitas karya seni bila dibandingkan dengan karya lainnya.

Pada tahapan penilaian ini aspek formal dan kontekstual menjadi landasannya. Berikut ini yang merupakan  tahapan rinci sebagai langkah penilaian:

  • Menelaah karya seni rupa dari segi pandang khusus dan kebutuhan khusus sebagai latar belakangnya
  • Membandingkan karya seni rupa tersebut dengan sebanyak mungkin karya sejenis
  • Menentukan fungsi karya seni rupa tersebut.
  • Menentukan seberapa besar penyimpangan dari karya seni rupa yang telah ada

Langkah-langkah tersebut dapat diterapkan dengan baik demi penilaian yang adil dan berimbang terhadap suatu karya seni rupa.

Deskripsi

Kemudian ada tahapan deskripsi yang merupakan langkah untuk merekam, menemukan, melihat dan menjelaskan semua yang dilihat oleh mata. Dalam tahapan ini belum didapatkan analisa ataupun kesimpulan.

Agar bisa melakukan tahapan deskripsi ini dengan baik, seorang kritikus seni wajib memiliki pengetahuan yang cukup akan istilah teknis umum dunia seni. Sehingga deskripsi yang dibuat dapat benar-benar mewakili karya seni tersebut.

Analisis formal

Tahapan ini merupakan sebuah langkah yang kritis dalam membuat kritik karya seni rupa.  Karena disini mempunyai fungsi untuk bisa mengungkap struktur atau elemen formal penyusunnya. Serupa seperti tahapan sebelumnya, kritikus seni harus tahu unsur seni dan prinsip penataan.

Interpretasi

Langkah terakhir yang harus dilakukan pada contoh kritik karya seni rupa adalah interpretasiitu tahapan untuk mencoba memahami dan menafsirkan makna dari sebuah karya seni. Seperti isu lingkungan, simbol yang ada dan juga termasuk pertanyaan.

Tahapan penafsiran ini bebas dan terbuka, yang tentunya dipengaruhi oleh pengetahuan, wawasan, dan pandangan para kritikus. Yang paling menentukan pada tahapan ini adalah luasnya wawasan sang kritikus yang akan membuat kritik menjadi semakin detail dan fokus.

Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat

contoh kritik seni rupa

Agar dapat lebih jelas lagi mempelajari contoh kritik karya seni rupa singkat yang baik, maka bisa mempelajari beberapa contoh dibawah ini. Bagaimana cara membuatnya dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan dan manfaatnya.

1. Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat No 1

Profil karya

Seniman: Risa Rahmawati

Judul Lukisan: Potret perempuan bermain gitar

Bahan Lukisan: Mix media

Media yang Digunakan: Kanvas 40 cm x 59 cm

Tahun pembuatan:

Identifikasi:

Deskripsi

Ketika dikaitkan dengan konsep pada karya seni rupa tersebut, sang seniman ingin mengungkapkan perasaan seseorang tatkala sedang bermain gitar. Demikian berwana dan berkelip laksana bintang. Dan semua hal tersebut tertuang dengan sempurna pada media lukisan tersebut.

Analisis formal

Lukisan yang indah ini dibuat dengan menggunakan mis media seperti cat poster, serbuk dan cat minyak. Tujuan menggunakan beragam bahan ini adalah untuk menampilkan kesan ramai dan meriah. Memiliki banyak warna namun tidak monoton.

Evaluasi

Kelemahan dari lukisan ini cukup banyak, yakni pada warnanya yang kurang variatif karena terlalu banyak menggunkan warna primer. Sementara bagian warna sekundernya terlalu sedikit, bahkan warna tersier yang jauh lebih sedikit membuatnya menjadi misteri. Menjadikan warna yang tidak matang.

Kelebihan

Sebagai pelukis yang masih pemula dalam dunia seni rupa, meskipun terbanting jika dibandingkan dengan lukisan para pelukis profesional. Namun langkahnya cukup bagus dan berani untuk perkembangannya di masa depan.

Kekurangan

Kekurangan dari karya seni rupa ini hanyalah terletak pada warnyanya yang  tidak matang, kurang variatif dan monoton.

2. Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat 2

Profil karya

Seniman: Hendra Gunawan

Judul Lukisan: Mencari kutu rambut

Bahan Lukisan: cat minyak

Media Lukisan: Kanvas 84 cm x 65 cm

Tahun pembuatan: 1953

Identifikasi

Deskripsi

Lukisan ini menampilkan dua wanita dewasa yang mengenakan kebaya yang sedang mencri kutu bersama. Wanita yang satu mencari kutu di rambut wanita yang satunya sementara wanita  dewasa yang dicari kutunya mencari kutu di rambut anaknya.

Ekspresi yang ditampilkan pencari kutu yang pertama sangat serius dengan rambut pendeknya. Sementara rambut yang wanita dewasa yang dicari kutunya panjang terurai. Dan rambut anak yang dicari kutunya pendek dan bergelombang.

Analisis formal

Sebagai lukisan yang memiliki gaya ekspresionis yang memiliki warna serta background sederhana. seperti warna biru yang cukup serasi ketika disandingkan dengan warna dari baju yang dipakai oleh wanita pertama.

Baca Juga : Contoh Tari Tunggal Lengkap Sekaligus Asal Daerahnya

Sementara itu pada pakaian model kebayanya yang sederhana menunjukan adat jawa. Kejawaan pada lukisan ini juga ditonjolkan pada mainan wayang yang sedang dipegang oleh sang anak kecil.

Evaluasi

Seniman yang membuat lukisan ini ingin memunculkan kebiasaan adat jawa, yaitu mencari kutu. Karena menggunakan kebaya dan wayang yang dijadikan mainan sehingga adat jawanya terlihat kental.

Kelebihan

Seniman berusaha menampilkan budaya dan aktivitas masyarakat di desa dengan sangat menarik.

Kekurangan

Proporsi tubuhnya cukup aneh, karena warna baju dan background menyatu dan warna tanah dengan kain jarik nyaris sama membuatnya lukisan ini terlalu sederhana.

Demikianlah contoh kritik karya seni rupa singkat yang lengkap dengan langkah pembuatannya. Dibalik keindahan sebuah karya seni pasti memiliki nilai-nilai dan makna yang tersembunyi. Dengan kritik karya seni dapat mengungkapkan semua hal yang terpendam tersebut.