Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel Terbaru 2022

Penasaran dengan cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel? Sama seperti provider seluler lainnya, Telkomsel juga memberlakukan sistem masa aktif. Sistem ini berlaku tidak hanya untuk paket pulsa, tetapi juga untuk layanan paket internet, pulsa telepon dan SMS, dan lain sebagainya.

Masa aktif pulsa biasanya bergantung dari jenis layanan yang Anda beli. Telkomsel umumnya menyediakan layanan seluler dengan masa aktif mencapai sebulan. Walaupun, ada juga yang beberapa hari hingga minggu. Apabila masa aktif habis, maka secara otomatis layanan seluler akan terhenti. Namun, Anda masih tetap bisa menerima panggilan SMS maupun telepon. Untuk menghindari hal tersebut, simak berbagai cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel berikut ini.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel Tanpa Membeli Pulsa

cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel

Saat masa aktif kartu Telkomsel habis, tidak serta merta pulsa Anda juga habis. Terkadang, pulsa atau paket internet yang tersisa masih sangat banyak. Membeli pulsa baru memang akan mengupdate masa aktif kartu Anda secara otomatis. Namun, di saat yang sama pulsa yang masih tersisa tersebut akan hangus. Tentunya, hal tersebut akan sangat disayangkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel tanpa harus melakukan pembelian pulsa.

1. Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel dengan Kode USSD

cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel ussd

Cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel bisa Anda lakukan dengan menggunakan kode USSD. Kode USSD merupakan rangkaian angka dan kode simbol perintah untuk mengakses sejumlah fitur yang disediakan provider. Untuk menggunakan metode ini, pastikan jaringan Telkomsel tidak sedang bermasalah. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Ketikkan kode USSD *999# pada perangkat hp Anda
  • Selanjutnya, Anda akan disajikan dengan pilihan menu dari provider. Dari deretan menu yang ada, pilih opsi “Lainnya” dengan memasukkan nomor 5
  • Selanjutnya, masukkan angka 6 untuk masuk ke menu “Opsi Lainnya”
  • Setelah itu, secara berurutan, masukkan angka 7 dan 8
  • Anda akan diminta untuk memilih kembali. Kali ini, masukkan angka 3
  • Menu berisi pilihan masa aktif akan muncul pada layar. Pilihlah jenis paket masa aktif yang diinginkan
  • Selanjutnya, masukkan angka 1 untuk membeli paket tersebut
  • Tunggu sebentar hingga provider Telkomsel selesai memproses permintaan Anda. Dalam hitungan menit, Anda akan mendapatkan SMS dari provider. SMS tersebut berisi pemberitahuan apakah pengisian masa aktif Anda sukses atau gagal. Jika gagal, pastikan Anda memiliki pulsa yang mencukupi.

2. Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel MyTelkomsel

Cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel ternyata juga bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. MyTelkomsel merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Telkomsel khusus untuk penggunanya. Lewat aplikasi ini, Anda bisa melakukan pembelian pulsa, paket internet, dan paket layanan lainnya dari Telkomsel dengan mudah. Termasuk di dalamnya adalah pembelian masa aktif kartu Telkomsel. Penasaran? Simak caranya berikut:

  • Sudahkah Anda memiliki aplikasi MyTelkomsel? Jika belum, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu lewat Google Play Store
  • Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi MyTelkomsel tersebut. Lakukan registrasi dengan menggunakan nomor Telkomsel yang Anda gunakan saat ini
  • Setelah registrasi berhasil, lakukan login menggunakan akun yang sudah Anda buat
  • Pada landing page, masuklah ke dalam menu “Belanja”. Tab ini berada di bagian bawah layar hp Anda
  • Setelah itu, pilihlah menu layanan Telkomsel yang diinginkan. Aplikasi ini menawarkan paket internet, paket SMS dan telepon, paket roaming, paket hiburan, dan lain sebagainya
  • Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tidak perlu khawatir. Aplikasi MyTelkomsel sudah dibekali dengan sejumlah opsi metode pembayaran yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Anda bisa memilih pembayaran menggunakan transfer M-Banking maupun e-Wallet. Aplikasi ini menerima pembayaran lewat: OVO, DANA, ShopeePay, GoPay, dan LinkAja
  • Klik tombol “Bayar”
  • Setelah pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan pesan SMS bahwa masa aktif Anda sudah diperpanjang. Perpanjangan tersebut tentunya bergantung dari paket layanan Telkomsel yang Anda beli tadi.

Baca juga: Cara Menyadap WA Pasangan di HP Kita Terbaru 2022

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel dengan Membeli Pulsa

Masa aktif Anda habis bersamaan dengan pulsa dan paket internet? Untuk mengatasinya, Anda bisa langsung melakukan pembelian pulsa. Telkomsel menawarkan berbagai paket layanan pulsa, paket internet, dan lain sebagainya. Masing-masing dari layanan tersebut memiliki masa aktif. Dengan membeli layanan yang disediakan Telkomsel, secara otomatis Anda akan memperoleh perpanjangan masa aktif. Simak cara-caranya berikut ini.

1. Pengisian Pulsa dengan Voucher Fisik

Cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel bisa dilakukan dengan membeli voucher fisik. Voucher fisik ini bisa dibeli di konter-konter pulsa di dekat wilayah rumah Anda. Menemukan konter yang menjual pulsa fisik bukanlah hal yang sulit. Untuk melakukan pengisian pulsa ini harus dilakukan secara manual. Simak caranya berikut:

  • Setelah membeli voucher pulsa, gosok bagian belakang voucher dengan menggunakan koin. Lakukan hingga seluruh bagian nomor terlihat
  • Selanjutnya, gunakan nomor USSD untuk melakukan dial up
  • Nantinya, Anda akan memperoleh tampilan menu. Pada kolom yang tersedia, masukkan nomor dari menu Pengisian Pulsa
  • Ikuti seluruh instruksi yang diberikan oleh operator hingga selesai
  • Apabila semua langkah-langkah dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pesan SMS yang menyatakan bahwa pulsa Telkomsel beserta masa aktif sudah terisi ulang dengan sukses.

Selain menggunakan metode di atas, Anda juga bisa menggunakan metode alternatif berikut ini:

  • Ketikkan format *133*kode voucher Telkomsel yang baru Anda beli#
  • Selanjutnya, klik tombol “OK” atau “Call”
  • Tunggu hingga operator selesai memproses perintah Anda. Nantinya, Anda akan mendapatkan SMS notifikasi bahwa pulsa dan masa aktif Anda sudah terisi ulang. Anda pun mulai bisa menggunakan kembali berbagai layanan yang disediakan Telkomsel.

2. Pembelian Pulsa dengan Pulsa Elektrik

Perpanjangan masa aktif juga bisa dilakukan dengan melakukan pengisian pulsa elektrik. Dibandingkan pulsa fisik, pulsa voucher memang lebih praktis. Anda tidak harus datang ke konter pulsa untuk melakukan pengisian pulsa elektrik. Selain itu, pengisian pulsa elektrik ini bisa dilakukan dengan pembelian pulsa di E-Commerce maupun lewat aplikasi MyTelkomsel.

Harga Paket Masa Aktif Telkomsel

Seperti yang sudah Anda ketahui di awal, Telkomsel memang menyediakan paket masa aktif. Pembelian paket masa aktif ini tidak akan menghapus nominal pulsa yang Anda miliki. Namun, paket ini juga tidak akan menambah pulsa atau paket internet yang dimiliki. Untuk melakukan pembelian paket masa aktif ini, Anda harus memiliki pulsa yang cukup. Berikut adalah jenis-jenis paket masa aktif beserta harganya:

  • Paket perpanjangan masa aktif 7 hari dengan harga Rp5.000
  • Paket perpanjangan masa aktif 30 hari dengan harga Rp15.000
  • Paket perpanjangan masa aktif 90 hari dengan harga Rp30.000.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperpanjang masa aktif kartu telkomsel. Dari banyaknya metode yang ada, Anda bisa memilih manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.