Contoh Kerajinan Limbah Tekstil dari Serat Alam

Bumi sedang berada dalam bahaya terjadinya global warming bila manusia tidak berusaha mengurangi emisi. Salah satu cara yang bisa kita ambil guna mencegah global warming adalah memanfaatkan limbah dan mengolahnya menjadi barang berguna kembali. Contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam yang justru laku di pasar internasional.

Anda bisa mengolah limbah tadi menjadi barang berharga seperti tas dan lain-lain. Terlebih serat alam punya sifat ramah lingkungan. Serat alam sendiri banyak dibuat dari tanaman khusus, seperti tanaman kapas.

Peluang Bisnis dari Kain Perca

Contoh kerajinan limbah tekstil

Kain perca merupakan sisa dari kain utama yang dijual atau dibuat pakaian. Dahulu kain perca banya dibuang karena dianggap tidak bermanfaat. Sekarang banyak masyarakat yang berpikir bahwa kain perca bisa menjadi produk baru yang bernilai lebih tinggi.

Tak hanya dapat mendatangkan cuan tetapi juga bisa membantu lingungan terbebas dari pencemaran. Nantinya Anda akan bisa mengetahui contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam di pembahasan selanjutnya. Tidak ada salahnya untuk mengikuti jejak para pebisnis tersebut.

Apabila Anda berhasil memasarkan sampai ke tingkat internasional maka artinya Anda berkontribusi dalam memberikan pemasukkan kepada negara. Hal ini bila diteruskan bisa sekalian membantu membangun negara kita. Selain itu, lapangan pekerjaan juga akan terbuka sehingga jumlah pengangguran yang ada di negara kita berkurang.

Walaupun memang dalam proses pengerjaan dari kerajinan ini pemilik bisnis akan memerlukan banyak orang kreatif. Selain itu, pengecekan kualitas juga harus ditingkatkan sehingga image yang menguat di pasaran nanti adalah produk awet dan berkualitas.

Contoh Kerajinan Limbah Tekstil dari Serat Alam

Contoh kerajinan limbah tekstil

Pada dasarnya limbah tekstil tidak hanya berupa kain saja. Limbahnya ada yang berupa bahan padat. Kedua wujud dari limbahnya dapat dibuat menjadi produk baru yang berguna di kehidupan masyarakat. Alhasil tidak sempat menjadi limbah yang mencemari lingkungan.

Anda yang juga tertarik untuk membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan tetap mendorong produtivitas maka perlu mengetahui apa saja produknya. Langsung saja kita bahas mengenai apa saja dari contoh produknya.

Tas

Limbah tekstil yang berupa serat alam bisa kembali diolah menjadi tas. Dengan kreativitas yang tepat hasil tas dari kain perca dapat menjadi sangat unik dan menarik. Gunakan kain perca dengan warna dan pola tertentu yang dirangkai satu. Nama kain yang demikian disebut patchwork.

Kain patchwork sendiri bisa berharga cukup mahal kalau di tangan desainer. Apalagi kalau proses penjualan ekspor bisa-bisa satu buah tas kain patchwork mampu menembus $90 atau lebih.

Proses desain tas yang memanfaatkan kain perca juga bisa dikombinasikan bersama kain yang baru sehingga desainnya juga bisa semakin variatif. Tidak bisa dipungkiri kalau contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam yang satu ini yang paling umum beredar di pasaran.

Selimut

Selain dapat disulap menjadi tas maka kita semua juga dapat mengolahnya menjadi selimut. Selimut kain perca juga sempat laku di mancanegara karena masyarakat global suka dengan desainnya. Ditambah lagi semakin banyak masyarakat dunia yang menyadari betapa pentingnya mendukung penggunaan barang daur ulang.

Proses promosi memang harus menekankan kepedulian terhadap lingkungan. Manusia bisa saja punah kalau kondisi alam tidak lagi mendukung adanya kehidupan. Selimut yang bertemakan patchwork juga cocok dipakai untuk ruangan yang bertemakan etnis. Produk yang terbuat dari serat alam juga banyak yang punya tekstur lembut di kulit.

Kelembutan dari kain serat alam juga bisa membantu penggunanya tidur nyenyak. Tidak perlu takut digigit nyamuk juga ketika musim panas datang.

Gantungan Kunci

Gantungan kunci juga bisa dibuat dari kain perca. Hasilnya juga bisa terlihat mahal apalagi kalau ditambahkan dengan logo suatu brand. Pada dasarnya kain perca dapat dijahit menjadi bermacam-macam bentuk. Pilih kain yang tampak masih bagus dan jahit membenttuk suatu bidang.

Gantungan kunci yang dibuat dari patchwork juga bisa terkesan mewah di tangan orang yang tepat. Proses penjualan sendiri dapat dilakukan online maupun offline. Bahkan gantungan kunci seperti ini juga bisa dipasang pada tas-tas branded sehingga kesannya juga bisa menjadi mahal dan berkelas.

Dekorasi Rumah

Contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam lain adalah dekorasi rumah. Unsur fleksibel dari kain dapat dimanfaatkan menjadi penghias pinggiran pigura foto. Bisa juga menjadi pinggiran dari pigura cermin. Selain itu Anda juga bisa membuatnya menjadi bermacam-macam dekorasi rumah gantung.

Jenis dekorasi rumah bisa juga menjadikan ruang bermain anak-anak menjadi semakin seru. Produk yang satu ini dapat dijual melalui internet juga sehingga pangsa pasar menjadi semakin luas. Limbah yang dapat diolah menjadi dekorasi rumah tidak hanya berupa yang kain saja melainkan limbah lainnya yang berwujud padat juga.

Mainan Anak

Produk lain dari pengolahan limbah tekstil yang menarik dibahas adalah mainan anak. Definisi mainan anak sendiri sangat variatif tidak hanya sekedar boneka. Orang yang kreatif pasti bisa menghasil lebih banyak jenis mainan dari limbah kerajinan tangan.

Namun tidak bisa dipungkiri kalau sebagian besar dari mainan yang terbuat dari kain perca merupakan mainan anak perempuan. Masih jarang sekali mainan anak laki-laki yang dibuat dari kain perca. Sebenarnya hal ini sendiri juga dapat dinilai sebagai suatu peluang bagi orang yang suka tantangan dan kreatif.

Alas Pot Panas

Kita juga akan membicarakan tentang contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam yang berupa alas pot panas. Alas pot panas bisa dibuat dari kain perca juga. Caranya adalah dengan dipilin sehingga menjadi lebih tebal. Kemudian rangkai menjadi bentuk lingkaran layaknya alas pot.

Alat pot panas yang terbuat dari patchwork punya kesan etnis yang kental. Sangat tepat bagi Anda yang suka peralatan masak yang unik. Cocok juga dipakai sebagai background pemotretan produk yang bertema etnis dan tradisional.

Keset

Sebaiknya juga menerapkan contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam yang berupa keset. Kerajinan tangan keset kini sudah banyak beredar di Indonesia karena terbukti mampu menyerap air dengan baik. Harga dari keset juga cukup terjangkau sehingga dapat dipakai berganti-ganti.

Baca Juga : 7 Contoh Bahan Buatan Kerajinan Kreatif Rumahan

Keset semacam ini sendiri juga punya pangsa pasar di kancah internasional. Kita tidak boleh meremehkan industri pengolahan limbah tekstil satu ini karena memang bisa mendatangkan banyak cuan.

Lampion

Produk lain yang dapat dibuat dari limbah tekstil adalah lampion. Lampion sendiri bisa menjadi obye dekorasi pada taman lampion maupun dekorasi di kafe. Lampion yang terbuat dari kain perca hanya memerlukan modal yang rendah tetapi harga jual cukup tinggi karena dikerjakan menggunakan tangan.

Kesimpulan

Dengan kata lain, pengerjaan industri lampion kain perca masuk kategori handmade. Pada dasarnya handmade sangat dihargai di luar negeri karena memang sulit dan perlu ketelatenan.

Anda juga pasti memahami kalau sebagian besar perindustrian di mancanegara sudah dilakukan dengan bantuan mesin alias industri 4.0 sehingga handmade jadi mahal.