Ini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Tanaman Herbal

Tanaman herbal kerap dijadikan sebagai obat maupun jamu bagi beberapa orang, terlebih mereka yang hidup di daerah pedesaan. Nah, jika kamu mempunyai masalah jerawat   gunakan tanaman herbal tersebut untuk mengobatinya. Berikut ini merupakan  cara menghilangkan jerawat yang gampang menggunakan tanaman herbal tersebut.

Ini Dia Manfaat Tanaman Sebagai Obat Alami yang Baik Untuk Dipraktekkan, Mau Coba?

cara menghilangkan jerawat

Pada dasarnya TOGA alias singkatan dari Tanaman Obat dan Keluarga ini merupakan salah satu hal yang sangat umum ditemukan, terutama di daerah pedesaan sendiri. Tidak hanya bermanfaat sebagai penghijauan lingkungan, melainkan tanaman tersebut juga sering dijadikan sebagai apotek hidup, ini manfaat yang bisa kamu ambil.

1. Digunakan Sebagai Obat Alami

Sesuai dengan kepanjangan namanya sendiri, TOGA dipercaya sebagai salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi aneka ragam penyakit. Baik itu masalah kesehatan yang sangat ringan hingga yang sangat parah sekalipun! Jadi, bagi kamu yang masih bingung mencari  cara menghilangkan jerawat, maka bisa coba gunakan tanaman herbal ini.

2. Dimanfaatkan Sebagai Bahan Campuran Jamu Tradisional

Tidak hanya digunakan sebagai obat alami saja, melainkan tanaman herbal tersebut juga sering digunakan untuk bahan campuran jamu tradisional. Beberapa diantaranya yaitu digunakan untuk pembuatan jamu brotowali, temulawak, dan juga jinten hitam.

3. Untuk Bahan Makanan  Sehari-Hari

Terakhir, tanaman herbal ini digunakan untuk biasanya ditanam sendiri di pekarangan rumah untuk dijadikan bahan makanan sehari-hari. Sebut saja blutru, jahe, daun seledri, bawang, dan lain sebagainya.

Lalu, Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Tanaman Herbal?

cara menghilangkan jerawat

Biasanya jerawat terjadi karena pori-pori kulit tersumbat dan akhirnya terjadi infeksi bakteri di wajah. Umumnya, hampir sebagian besar orang pernah mengalami masalah kulit yang satu ini. Bahkan, metode pengobatannya sendiri juga sangat beragam.

Beberapa diantaranya tidak lain yaitu dengan menggunakan krim maupun gel dari produk kecantikan, minum suplemen, dan lain sebagainya. Sebenarnya ada banyak sekali  cara menghilangkan jerawat yang membandel. Salah satunya yaitu dengan menggunakan tanaman sebagai obat herbal alami untuk mengatasi masalah jerawat di wajahmu.

Dengan menggunakan pengobatan alami tersebut, maka jerawat yang ada di wajahmu bisa mereda dengan sendirinya. Tentunya harus dilakukan dengan penggunaan tanaman herbal yang benar juga ya! Sebab, jika tidak maka nantinya hasil yang kamu dapatkan justru tidak maksimal dan mengganggu kesehatan kulit wajahmu sendiri pastinya.

Jika dilakukan dengan cara yang benar, maka tanaman herbal yang dijadikan obat tersebut bisa mengurangi pertumbuhan bakteri. Selain itu bisa mencegah terjadinya peradangan  hingga menghambat timbulnya jerawat, menarik sekali bukan?

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba pengobatan herbal menggunakan tanaman yang ada di sekitarmu? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan? Untuk itu, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini supaya lebih jelas lagi ya!

1. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Tomat

Tahukah kamu bahwa tanaman atau buah tomat ternyata mampu dijadikan sebagai obat melawan peradangan dan bakteri pada wajah? Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin C dan A yang ada di dalamnya sangat banyak sehingga bisa menghambat munculnya jerawat.

Jika kamu tertarik untuk mencoba tanaman atau buah tomat ini maka kamu bisa memanfaatkannya sebagai tips maupun cara menghilangkan jerawat secara alami. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara mengambil satu buah tomat dan memotongnya menjadi dua bagian saja.

Jika sudah, maka bersihkan wajahmu dengan menggunakan air lalu bilas sampai kering. Setelah itu, tomat yang telah diiris menjadi beberapa bagian tadi ke wajahmu terutama di bagian yang ada jerawatnya. Lakukan proses tersebut secara perlahan-lahan dan diamkan kurang lebih selama 20 sampai dengan 30 menit saja.

Selesai, kamu tinggal membilasnya saja sampai bersih. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka coba lakukan langkah tersebut selama beberapa kali dalam seminggu. Namun, kamu juga harus memastikannya sesuai dengan kebutuhan ya!

2. Kulit Jeruk

 Tidak hanya tomat saja yang mengandung vitamin A dan juga C yang banyak di dalamnya. Melainkan, kulit jeruk juga demikian. Bahkan, khasiat yang dimiliki oleh kulit jeruk ini jauh lebih banyak lho! Maka dari itu tidak heran jika kulit jeruk tersebut dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit, salah satunya yaitu sebagai pembasmi masalah jerawat.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, maka terlebih dahulu jemur kulit jeruk tersebut sampai benar-benar di bawah sinar matahari. Jika sudah, tumbuk kulit jeruk tersebut sampai benar-benar halus. Kamu juga bisa menggunakan alternatif cara lainnya dengan menggunakan blender untuk menghaluskannya.

Setelah itu, tuangkan kulit jeruk yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah lalu campurkan dengan beberapa tetes air. Jika sudah, bersihkan wajahmu terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan keringkan.

Oleskan campuran bubuk kulit jeruk beserta air tadi di bagian jerawatmu yang membandel seperti halnya menggunakan masker. Jika sudah, biarkan pengobatan alami dengan menggunakan kulit jeruk tadi selama 15 sampai dengan 20 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu bilas sampai bersih dan rasakan perbedaannya ya!

3. Mentimun

Tanaman yang satu ini juga dipercaya mampu mengatasi masalah kulit seperti halnya jerawat yang membandel. Hal ini tidak lain karena kandungan anti inflamasi yang dimiliki oleh mentimun. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan mentimun ini untuk mengurangi masalah jerawat hingga mengatasi mata yang bengkak!

Menariknya lagi, peradangan yang mampu memicu terjadinya jerawat di wajah juga bisa diatasi hanya dengan menggunakan mentimun ini lho! Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan tanaman mentimun sebagai salah satu pengobatan alternatif alami sebagai penawar masalah jerawat?

Jika iya, maka kamu bisa mengambil satu buah mentimun dan memotongnya menjadi beberapa bagian kecil. Haluskan potongan mentimun tadi dengan menggunakan blender lalu tambahkan dua sendok makan isi gel lidah buaya yang masih segar.

Kamu juga bisa menambahkan setengah sendok teh sari lemon supaya aromanya bertambah segar saat dioleskan ke wajah nantinya. Jika sudah, maka kamu tinggal mengoleskannya saja ke bagian wajah yang berjerawat.

Biarkan campuran mentimun beserta bahan lainnya tadi menempel di wajahmu kurang lebih selama  10 sampai dengan 15 menit. Dengan begitu, kandungan mentimun, lidah buaya, hingga sari lemon yang menempel di wajahmu bisa meresap secara maksimal nantinya.

Penutup

Jika sudah selesai, kamu tinggal membilasnya saja dengan menggunakan air hangat. Bagaimana sangat gampang bukan proses mengusir jerawat di wajahmu dengan menggunakan ketiga bahan tadi?

Baca Juga : Cara Membuat Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat Secara Lengkap

Jadi, setelah mengetahui ulasan artikel di atas tadi mengenai cara menghilangkan jerawat, apakah kamu sudah paham sampai sini? Jika sudah, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menghilangkan jerawatmu dengan menggunakan beberapa tanaman herbal diatas tadi bukan?