Ini Dia Cara Uninstall Adobe Creative Cloud yang Gampang di PC atau Laptop Mac

Apakah kamu ingin menguninstal program aplikasi di PC maupun laptop pada sistem operasi Mac? Jika iya, maka simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai cara uninstall Adobe Creative Cloud pada PC / laptop dengan sistem operasi Mac.

Berikut Ragam Jenis Produk Program Aplikasi Keluaran Adobe Creative Cloud   

cara uninstall Adobe Creative Cloud

Ada banyak sekali jenis produk program aplikasi  yang dikeluarkan oleh pihak Adobe Creative Cloud sendiri. Beberapa diantaranya tidak lain yaitu program aplikasi Adobe After Effect, Illustrator, Photoshop, Reader, XD, Indesign, Premiere Pro, Lightroom, Flash Player, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, ternyata semua program aplikasi tersebut didukung oleh berbagai macam sistem operasi komputer maupun laptop lho! Sebut saja Mac, Windows, hingga perangkat OS lainnya support dengan program aplikasi Adobe Creative Cloud ini.

Apa Saja Sih Fungsi Adobe Creative Cloud Ini? Berikut Ulasannya!

cara uninstall Adobe Creative Cloud

Tidak hanya mampu digunakan untuk menyunting foto melalui program aplikasi Photoshop keluaran Adobe Creative Cloud. Melainkan, ada banyak sekali fitur yang bisa kamu dapatkan dari master software yang satu ini.

Beberapa diantaranya yaitu mampu membuat ilustrasi gambar dengan menggunakan program aplikasi Adobe Creative Cloud Illustrator. Selain itu, kamu juga bisa membuat desain layout yang bagus hanya dengan menggunakan program aplikasi Indesign saja.

Bahkan, kamu juga bisa melakukan editing video hanya dengan menggunakan program aplikasi Premiere Pro keluaran dari Adobe Creative Cloud ini. Menariknya lagi, kamu juga bisa mengedit video layaknya film-film sinematik di bioskop hanya dengan menggunakan Adobe Creative Cloud After Effect lho!

Bagi kamu yang suka membuat dan juga mendesain website, maka program aplikasi Adobe Creative Cloud yang bernama Dreamweaver ini sangat cocok untukmu! Disisi lain, kamu juga bisa melakukan editing audio yang tadinya penuh noise atau gangguan menjadi jernih kembali hanya dengan menggunakan Adobe Audition.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali fungsi yang dimiliki oleh program aplikasi Adobe Creative Cloud tersebut dan tidak terbatas itu saja. Jika kamu tertarik, maka bisa menginstalnya sekarang juga. Tetapi jangan salah,  karena filenya yang terlalu besar tidak sedikit orang yang ingin menghapusnya!

Bagaimana Sih Cara Uninstall Adobe Creative Cloud yang Gampang di PC / Laptop Mac? Ini Tipsnya

cara uninstall Adobe Creative Cloud

Berikut ini merupakan beberapa cara uninstall Adobe Creative Cloud pada PC / laptop Mac yang bisa kamu ikuti karena dijamin gampang dan mudah diterapkan. Untuk lebih lanjutnya lagi, segera simak ulasan artikel di bawah ini ya!

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan tidak lain yaitu dengan mengunduh terlebih dahulu alat penghapusan instalasi pada sistem operasi Mac. Dimana kamu bisa mengunduh file zip dari Adobe Creative Cloud Desktop App Uninstaller tersebut.

Setelah itu, ekstrak file yang berbentuk zip tadi dan buka Creative Cloud Uninstaller.aplikasi lalu jalankan.  

Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga nantinya akan muncul sebuah pop up yang berisikan Creative Cloud Uninstaller. Untuk melanjutkannya, silahkan klik tombol open.

Di bagian halaman berikutnya, akan ada sebuah pertanyaan yang berisikan “apakah kamu yakin mau menghapus Adobe Creative Cloud App?” Setelah mendapatkan pertanyaan tersebut, langsung klik tombol uninstall untuk menghapus program aplikasi Adobe Creative Cloud  itu tadi.

Setelah selesai dihapus, nantinya akan muncul sebuah kotak konfirmasi. Kamu tinggal mengkonfirmasinya dengan cara menekan tombol close saja. Selesai, bagaimana sangat gampang bukan proses penghapusan program aplikasi Adobe Creative Cloud  tersebut?

1. Cara Uninstall Adobe Creative Cloud Versi di Bawah 5.0

Apabila kamu masih menggunakan program aplikasi Adobe Creative Cloud  dengan versi 5.0 maka jangan khawatir! Kamu masih tetap bisa menghapusnya meskipun terasa sangat sulit!

Cara pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan memasang file DMG. Dimana kamu bisa mengunduh Creative Cloud Desktop App Uninstaller yang berbentuk file zip terlebih dahulu.

Jika sudah, kamu harus mengekstraknya supaya bisa membuka aplikasi uninstaller tadi. Pada dasarnya, tips menghapus program aplikasi Adobe Creative Cloud   yang kedua ini mirip sekali dengan yang pertama.

Dimana setelah membuka aplikasi Creative Cloud Desktop App Uninstaller tersebut  kamu hanya perlu menjalankannya saja. Setelah itu, lanjutkan dengan mengeklik uninstaller seperti tahap pertama tadi.  

2. Cara Uninstall Adobe Creative Cloud Melalui App Cleaner and Uninstaller

Untuk menghapus program aplikasi Adobe Creative Cloud   tersebut, maka kamu bisa gunakan app cleaner and uninstaller yang dapat diperoleh dari situs resminya. Setelah itu, buka app cleaner dan jalankan operasinya dengan mengklik pindai atau scan.

Jika sudah, kamu tinggal memilih program aplikasi mana saja  keluaran dari pihak Adobe Creative Cloud. Setelah selesai memilihnya, kamu tinggal mencopot pemasangannya di daftar aplikasi sistem operasi Mac milikmu itu.

Terakhir, pastikan bahwa semua file dari program aplikasi  Adobe Creative Cloud After Effect Pro CC maupun yang lainnya dihapus secara menyeluruh. Selesai, kamu akhirnya bisa menghapus program aplikasi keluaran dari Adobe Creative Cloud  tersebut bukan?

3. Secara Manual

Untuk menghapus program aplikasi Adobe Creative Cloud  tadi, kamu bisa melakukannya secara manual. Caranya yaitu kamu harus membuka folder applications terlebih dahulu pada finder. 

Nantinya akan muncul folder applications lalu pilih program aplikasi  yang ingin dihapus. Sebagai contoh, kamu ingin menghapus Adobe After Effect Pro CC. Setelah itu, kamu tinggal memindahkan program aplikasi Adobe After Effect Pro CC tersebut ke folder trash saja!

Jika sudah, segera kosongkan folder trash tersebut supaya memori penyimpanan pada laptop maupun komputer sistem operasi Mac milikmu ringan pastinya. Setelah itu, kamu juga harus menghapus semua komponen yang ada di dalam program aplikasi Adobe After Effect Pro CC tersebut dari foldernya.

File yang dimaksud tidak lain yaitu berupa cache, layanan, log, dan berbagai sampah lain yang masih mengendap di dalam folder program aplikasi Adobe After Effect Pro CC itu tadi. Untuk menghapusnya, kamu tinggal menekan tombol COMMAND +  SHIFT + G yang ada di keyboard laptop maupun PC-mu secara bersamaan ya!

Baca Juga : Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung

Jika sudah, maka kamu harus memasukkan kode perintah khusus yang digunakan untuk menghapus seluruh layanan di dalam folder Adobe After Effect Pro CC tadi. Dimana kode tersebut cukup sulit untuk mendapatkannya karena harus menggunakan bantuan orang yang sudah ahli.

Maka dari itu, langkah yang keempat ini sangat tidak dianjurkan untukmu yang masih pemula. Lebih baik lakukan langkah yang pertama sampai dengan ketiga saja karena sudah terbukti berhasil dilakukan. Nantinya,  kamu tinggal mengosongkan folder trash saja untuk menghapus program aplikasi Adobe After Effect Pro CC tersebut.

Penutup

Jadi, setelah mengetahui ulasan artikel di atas tadi mengenai cara uninstall Adobe Creative Cloud di PC atau laptop Mac, apakah kamu sudah paham sampai saat ini? Jika sudah, maka segera praktekkan di laptop maupun pc Mac milikmu ya!