Langkah Membuat Sketsa Gambar Pemandangan dan Contohnya

Pernahkan kamu mengalami kejadian dimana keponakan kecil kamu meminta untuk digambarkan pemandangan? sementara kamu tidak begitu pandai membuat gambar. Jangan khawatir, ada beberapa contoh sketsa gambar pemandangan yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat gambar untuk keponakan kesayangan.

Langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Sketsa Gambar Pemandangan

sketsa gambar pemandangan

Membuat sketsa gambar pemandangan itu mudah kok, kamu tidak perlu menghabiskan kantong untuk mengikuti les, atau berpikir keras tentang detail pemandangan yang ingin kalian buat. Apalagi jika gambar tersebut hanya karena permintaan dari keponakan kesayangan.

Dalam membuat sketsa gambar pemandangan, kamu perlu memperhatikan beberapa langkah sebelum menorehkan pensil diatas kertas gambar untuk memulai.

1.         Tentukan Objeknya

Sebelum memulai menggambar, diwajibkan untukmu memutuskan objek gambar seperti apa yang akan digambar. Contohnya, gunung lalu, rumah mungil didekatnya, sedikit aliran sungai pada sisi manapun dari rumah mungil tersebut.

2.         Catatlah Objek – Objek  yang Diinginkan

Inspirasi bisa datang begitu saja, namun setelah beberapa saat menghilang begitu saja. Apabila kamu merupakan tipe orang mudah lupa, kamu bisa gunakan kertas kosong lain dan mencatat objek gambar yang muncul di imajinasimu.

3.         Carilah Referensi Untuk Gambar

Mencari referensi untuk inspirasi sketsa gambar pemandangan itu akan sangat membantu dalam menentukan gambar pemandangan seperti apa yang kamu inginkan.

Carilah gambar yang mudah untuk kamu buat, jangan mencari yang justru akan membuatmu merasa kesulitan.

4.         Buat Dasar dari Gambar

Untuk awalnya, buatlah dasar dari sketsa gambar pemandangan , contohnya, kamu bisa mengawalinya dengan dengan objek utama dari pemandangan tersebut yaitu gunung,kemudian dilanjutkan dengan objek lain seperti pohon, awan, dan sebagainya.

Gambar dengan garis tipis dulu ya, jadi jika ada kesalahan akan lebih mudah untuk menghapusnya dan tidak merusak kertas gambar.

5.         Tambahkan Objek – Objek Gambar Tercatat

Usai menggambar sketsa dari gambar pemandangan tersebut, kamu tambahkan objek – objek nya yang sudah dicatat atau diingat, seperti rumah, objek hidup contohnya manusia yang sedang bercocok tanam atau tidur di dekat pohon sekitar rumah.

Penambahan objek hidup seperti manusia, akan menambah suasana hidup dari gambar pemandangan tersebut.

6.         Mempertegas Garis Gambar

Usai menggambar garis gambar yang tipis, kamu bisa mempertegas garisnya agar gambar tersebut lebih terlihat dengan mempertebalnya. Jadi, kamu ulang lagi dari awal dengan mengikuti garis tipis yang sudah kamu gambar sebelumnya.

Garis tebal akan membantumu dalam memberi batas, saat kamu akan mewarnainya setelah dasar gambar jadi.

7.         Waktunya Mewarnai Gambar Karyamu

Setelah memberikan garis tebal gambar, kamu bisa melanjutkannya dengan memberinya warna. Contohnya warna biru muda dari langit, warna hijaunya pegunungan, atau warna dinding rumah yang disukai dan diinginkan.

Contoh Sketsa Gambar Pemandangan yang Mudah untuk Digambar

sketsa gambar pemandangan

Salah satu langkah ketika membuat sketsa gambar pemandangan adalah mencari beberapa referensi dari gambar tersebut. Dibawah ini ada beberapa contoh yang bisa kamu jadikan inspirasi ketika ingin menggambar pemandangan.

1.         Sketsa Pemandangan Rumah, Pegunungan dan Danau

Kamu bisa menggambar danau yang pada bagian atas garis batas sketsa terdapat gambar gunung, dengan rumah mungil pada bagian sisi kanan atau kiri danau, lalu warnai dengan crayon

2.         Sketsa Pemandangan Air Terjun yang Besar dan Dikelilingi dengan Rumah Kecil

Buat sebuah air terjun besar pada bagian tengah dari kertas gambar sebagai fokus dari pemandangan, lalu tambahkan beberapa rumah kecil disekitarnya, hal tersebut juga merupakan gambar dari pemandangan.

3.         Sketsa Pemandangan Lengkap dengan Gunung, Rumah dan Air Terjun

Kurang dirasa puas dengan gambar gunung atau air terjun, kamu bisa menambahkan keduanya dalam satu gambar. Jangan lupakan rumahnya,  jika perlu berikan sedikit aktivitas seperti bayangan manusia pada jendela kamar, sehingga gambarmu terasa lebih hidup.

4.         Sketsa Pemandangan Rumah dengan Air Terjun

Gambar rumah merupakan fokus utama dari gambar pemandangan, lalu gambar air terjun pada sisinya, kanan atau kiri, kamu juga bisa tambahkan beberapa pohon pada bagian sisi rumah lain.

5.         Sketsa Gambar Tema Pepantaian

Selain gunung, rumah dan air terjun , kamu bisa menggunakan tema pantai yang luas  sebagai gambar yang kamu inginkan. Garis horizontal bisa ditorehkan tepat pada bagian tengah dari kertas gambar.

Garis horizontal itu sebagai pemisah antara pantai dan bagian dari langit, pada sisi pojok kanan bawah atau pojok kiri bawah kamu bisa tambahkan pohon kelapa yang sedikit melengkung keatas atau kebawah, untuk menambah kesan pantainya.

6.         Sketsa Gambar Perpaduan Gunung dan Pantai

Jika kamu tidak merasa kesulitan, kamu bisa menyatukan gambar gunung dan pantai diatas kertas. Buatlah gambar gunung, lalu gambar pantai pada bagian kaki gunungnya.

Kemudian, Tarik garis horizontal yang ada pada garis bagian bawah gunung, tarik dengan memberikan sedikit garis bergelombang menuju bawah untuk memberikan kesan air tersebut tengah terbawa ke darat.

Penggambaran gunung dan laut akan membuat gambarmu lebih berwarna, karena kamu akan menambah beberapa warna pada gambarnya.

7.         Sketsa Gambar Pemandangan Danau yang Berada di Tengah Bukit dan Gunung.

Sketsa Pemandangan satu ini cukup mudah untuk dibuat, kamu hanya tinggal memberikan gambar gunung lalu gunung – gunung kecil pada sisi kanan dan kiri kertas, sementara pada bagian tengah, kamu bisa gunakan sebagai danau.

Untuk menambah kesan hidup dari gambar ini, kamu bisa tambahkan kapal kecil dengan nelayan, ingat, tidak perlu terlalu detail.

8.         Sketsa Gambar Bukit – Bukit

Membuat gambar bukit itu mudah, kamu hanya perlu menggambar bukit terserah berapa bukit pada bagian tengah dari kertas gambar, kemudian pada kaki bukit, kamu bisa tambahkan gambar sawah, atau yang paling gampang adalah danau.

Jadi bukit – bukit tersebut seakan berada ditengah – tengah danau, sekali lagi tambahkan gambar yang bisa membuat gambarmu lebih hidup, misalkan gambar bayangan beberapa burung yang terlihat terbang dilangit.

9.         Sketsa Gambar Pemandangan Petani yang Tengah di Sawah

Menggambar petani yang tengah menggarap sawah juga merupakan salah satu jenis sketsa gambar pemandangan. Tidak perlu menggambar terlalu banyak menggambar objek petani, satu atau dua sudah cukup.

Baca Juga : Cara Membuat Contoh Kritik Karya Seni Rupa Singkat Secara Lengkap

Tambahkan rumah pada sisi kanan atau kiri sawah, atau bisa juga rumah mungil yang biasa ditemukan ditengah sawah sebagai tempat para petani untuk berteduh.

10.  Sketsa Gambar Pemandangan Pedesaan

Ingin sedikit tantangan ? kamu bisa membuat sketsa gambar pemandangan pedesaan, kenapa sedikit sulit ? karena membuat pedesaan tentu tak cukup satu atau dua rumah saja untuk membuatnya bisa dikatakan sebuah desa.

Nah, itu dia beberapa langkah dan contoh dalam sketsa gambar pemandangan yang bisa kamu contoh ketika keponakan tengah meminta digambarkan pemandangan, atau kamu hanya ingin berekspresi saja.

Ingat ya, jangan terlalu terpaku dengan detail gambar, gambar sederhana pun tetaplah sebuah gambar, yang terpenting adalah mengekspresikan apa yang kamu imajinasikan.