Perhiasan dan Aksesoris, Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran 

Anda sedang mencari referensi contoh kerajinan berbasis media campuran? Ya, produk jenis ini dinilai memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan. Memilih media campuran, artinya Anda juga bisa memanfaatkan bahan yang melimpah atau murah di sekitar Anda untuk dikreasikan.

Tak mengherankan jika saat ini semakin banyak orang yang mencoba peruntungannya dengan membuat dan memasarkan produk kerajinan yang satu ini.

Produk Perhiasan dan Aksesoris sebagai Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran

contoh kerajinan berbasis media campuran

Seperti yang diketahui contoh kerajinan berbasis media campuran banyak ditawarkan di galeri seni, tempat wisata hingga di pusat perbelanjaan.

Selain itu, barang-barang tersebut juga ramai dipasarkan melalui online, entah itu di marketplace e-commerce maupun di media sosial. Harga yang ditawarkan untuk kerajinan perhiasan dan aksesoris tersebut juga cukup beragam.

Peminat pernik-pernik ini pun juga terbilang sangat banyak. Pasar untuk produk ini umumnya datang dari wanita, pria, tua maupun muda. Tentu saja, hal ini karena daya tarik yang dimiliki oleh barang-barang tersier ini memang kuat.

Mereka yang membeli produk kerajinan ini biasanya tertarik karena keunikan atau keindahan yang diperlihatkan oleh perhiasan atau aksesoris tersebut.

Selain itu, barang kerajinan ini biasanya juga dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding barang sejenis dari bahan-bahan premium. Meski demikian, aspek kenyamanan yang ada pada barang kerajinan ini juga tidak bisa dikesampingkan.

Pelajari Pengetahuan Tentang Kerajinan Tangan

contoh kerajinan berbasis media campuran

Tidak salah jika kemudian Anda juga tertarik untuk mempelajari tentang perhiasan dan aksesoris produk kerajinan berbasis media campuran ini. Nah, sebelum membahas apa saja contoh barang yang bisa Anda pertimbangkan, tak ada salahnya untuk mengenal terlebih dahulu tentang kerajinan ini.  

Karya kerajinan sendiri adalah barang yang dibuat melalui keterampilan tangan dengan bahan-bahan dan teknik tertentu. Dengan kata lain, diperlukan kreativitas dan ketelitian perajin untuk bisa menghasilkan barang yang berkualitas dan bernilai jual.

Ini karena barang kerajinan tak melulu sebatas hiasan atau estetis saja, tetapi juga sebaiknya memiliki nilai kegunaan.

Pada dasarnya, kerajinan media campuran adalah kerajinan yang menciptakan suatu benda dari paduan bahan tertentu, baik itu bahan yang sama maupun berbeda, menggunakan prinsip dan teknik tertentu.

Benda yang dihasilkan nantinya akan memiliki nilai lebih, misalnya estetika, keamanan, ketahanan dan sebagainya. Selain itu, produk yang dihasilkan dapat menggabungkan bahan menjadi satu kesatuan yang harmonis. 

Salah satu produk kerajinan dengan media campuran yang paling umum ditemukan di Tanah Air adalah perhiasan dan aksesoris.

Produk ini dihasilkan melalui penggunaan dan perpaduan bahan-bahan seperti batu alam (baik batu mulia, batu semi mulia maupun batu biasa), kayu, logam, plastik hingga keramik. Dalam pembuatannya, tak jarang bahan-bahan tersebut didukung penggunaan bahan tambahan lainnya.

Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran

contoh kerajinan berbasis media campuran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada berbagai macam produk perhiasan maupun kerajinan yang bisa dibuat menggunakan media campuran.

Anda pun bisa memilih berdasarkan ketersediaan jenis bahan yang ada di sekitar lingkungan Anda. Berikut ini ada beberapa contoh kerajinan berbasis media campuran yang bisa Anda pergunakan sebagai pertimbangan proyek selanjutnya:

1. Cincin

contoh kerajinan berbasis media campuran

Perhiasan yang melingkar di jari pria maupun wanita ini juga bisa dihasilkan melalui media campuran. Cincin kerajinan umumnya dibuat menggunakan paduan bahan dari batu dengan logam. Namun saat ini, barang ini juga banyak dibuat dari batu saja, atau pun logam saja, yang memiliki perbedaan motif, warna maupun tekstur.

Berbagai jenis batu kini banyak dipadukan dengan bahan logam untuk menghasilkan cincin kerajinan yang menarik. Bukan hanya batu akik saja, semakin banyak jenis batu alam yang diolah untuk menghasilkan cincin dengan nilai estetika tinggi. Aneka batu, baik batu mulia maupun batu biasa dikombinasikan dengan logam ataupun kayu.

2. Kalung

contoh kerajinan berbasis media campuran

Kerajinan kalung juga banyak dihasilkan melalui media campuran. Perhiasan yang melingkar di leher ini bukan sekedar bagian pendant atau gantungannya saja yang dibuat menggunakan bahan batuan maupun kerang, tetapi juga bagian talinya. Hasilnya, ada berbagai jenis dan model kalung kerajinan dengan nilai estetika tinggi yang bernilai tinggi.

Bagian tali kalung umumnya dibuat dari manik-manik dari media campuran yang memiliki tampilan unik.   Sebagian kreasi kalung juga dibuat menggunakan bahan buatan seperti resin, tali nilon dan lainnya. Hal ini digunakan untuk menambahkan nilai estetika dan keawetan barang yang dihasilkan. 

3. Gelang

contoh kerajinan berbasis media campuran

Gelang juga menjadi salah satu produk kerajinan yang banyak dijual di berbagai tempat. Perhiasan yang menempati pergelangan tangan ini memang menjadi salah satu pelengkap penampilan yang paling dicari. Tak salah jika kemudian banyak perajin yang membuat gelang dari media campuran.

Kerajinan gelang biasanya dibuat menggunakan rangkaian manik di tali nilon maupun rangkaian kawat. Sebagai manik, bisa menggunakan bahan alam seperti batu, kerang, kayu dan sebagainya. Selain itu, ada pula manik yang dipadukan dengan bahan resin untuk memberikan estetika dan meningkatkan keawetannya.

4. Jepit Rambut

contoh kerajinan berbasis media campuran

Produk aksesoris yang satu ini memang lebih ideal diincar oleh konsumen wanita di usia muda. Bukan sekedar untuk menata saja, jepit rambut juga bisa ditingkatkan keindahannya dengan menambahkan bahan tertentu sebagai medianya.

Hasilnya, jepit rambut yang biasanya berbahan logam ini pun dapat mempercantik tampilan penggunanya.

Produk yang biasanya dibuat secara sederhana ini dapat dihias menggunakan elemen tambahan seperti plat metal dengan beberapa batu di atasnya.

Ada pula yang dibuat memiliki rantai atau tali yang menjuntai dengan ornamen unik sebagai gantungannya. Tentu saja masih ada berbagai kreasi lain yang bisa dihasilkan untuk barang sederhana ini.   

5. Bando

contoh kerajinan berbasis media campuran.

Barang yang satu ini masih tak jauh-jauh dari jepit rambut yang sudah dibahas di atas. Biasanya, bando ditawarkan dengan harga murah dari bahan plastik di pasaran. Untuk meningkatkan nilainya, media campuran pun digunakan untuk menghias barang ini.

Ya, bando yang sederhana bisa dipercantik dengan menambahkan bahan lain yang kemudian disatukan dengannya. Beberapa diantaranya adalah bahan yang bersifat ringan, seperti ornamen batu kecil, pita atau bahan campuran lainnya. Ornamen ini biasanya dibuat dengan motif bunga, karakter lucu ataupun motif klasik yang terlihat elegan. 

6. Bros

contoh kerajinan berbasis media campuran

Barang yang biasanya disematkan di pakaian ini juga menjadi sasaran kerajinan. Berbagai jenis bahan bisa dikombinasikan untuk menghasilkan bros yang unik dan estetik. Sebut saja bahan-bahan seperti logam, batu, kayu, batok kelapa, perca dan manik-manik yang kemudian dipadukan sebagai satu kesatuan.

Baca Juga : Tarian Kupu-Kupu, Mengenal Tari Kreasi Asli Dari Bali

Seringkali bahan-bahan yang digunakan juga ditingkatkan dengan bahan buatan seperti resin dan tali nilon. Ini karena bentuk bros sendiri sudah semakin beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan. Menariknya, produk ini bisa ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi sesuai dengan kualitas yang dimiliki.

Akhir Kata

Bisa dikatakan tidak ada batas kreatifitas dalam menghasilkan produk kerajinan. Tak menutup kemungkinan Anda menemukan kreasi produk perhiasan dan aksesoris lainnya dari perpaduan media campuran yang melimpah di sekitar. Anda juga bisa memanfaatkan pencarian internet untuk mendapatkan referensi contoh kerajinan berbasis media campuran.