Pilihan Desain Cat Kamar Geometris dan Cara Penerapannya

Memilih desain cat kamar geometris perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu mulai dari luas ruangan hingga konsep yang diinginkan. Agar tidak bingung, dapat mencari berbagai inspirasi melalui platform online yang ada saat ini.

Rekomendasi Desain Cat Kamar Geometris

Desain cat kamar geometris

Kamar merupakan tempat untuk melepas lelah ataupun bekerja. Oleh karenanya harus didesain dengan baik misalnya menggunakan konsep geometris. Supaya bisa menentukan dengan mudah bagaimana konsep nantinya, silahkan simak penjelasannya berikut ini:

1. Pola 3D Black and White

Monokrom sering dipilih untuk orang-orang yang cenderung misterius serta menginginkan hawa dingin menenangkan. Pada desain cat kamar geometris ini, kamu dapat mencoba menerapkan pola geometris 3D black and white pada kamar pribadi ataupun ruangan yang diinginkan.

Sebenarnya konsep 3D black and white tidak melulu diterapkan oleh orang misterius ataupun memiliki sifat introvert. Sebab, pemilihannya sendiri didasarkan pada model rumah serta keserasian dengan suasana yang ingin dibangun oleh pemiliknya itu sendiri.

2. Super Feminim

Supaya kamar lebih terkesan feminim, maka kamu bisa mengaplikasikan desain geometris khusus. Seperti yang telah diketahui, konsep feminim sendiri cenderung mengangkat warna pink baik soft atau pun tajam. Padukan dengan lampu dan hiasan boneka berukuran kecil hingga sedang.

Kesan feminim akan lebih kental ketika kamu menerapkan furniture serta ornamen pelengkap feminim lain misalnya lemari pakaian, meja belajar, dan lainnya. Jangan lupa juga memberikan sprei dengan warna senada atau sekiranya cocok dengan konsep yang diinginkan.

3. Full Colour

Ruangan akan lebih indah jika memiliki lebih dari satu warna saja. Desain cat kamar geometris modern memberikan tampilan ruangan ceria tanpa meninggalkan kesan unik dan estetik. Hanya saja memang dalam memadukan warna satu dengan lainnya perlu mempertimbangkan keserasian.

Jangan sampai menerapkan konsep full colour karena ingin kamar terlihat unik dan estetik malah membuat tidak nyaman menempatinya. Cara penentuannya adalah dengan menentukan konsep ruangan terlebih dahulu, kemudian memilih bentuk dan warnanya.

4. Segitiga Besar

Bagi kamu yang ingin memiliki kamar berdesain simpel namun tetap terlihat estetik, dapat menjadikan konsep ini sebagai pilihan terbaiknya. Polanya yaitu berupa segitiga berukuran besar dengan jumlah sedikit, misalnya pada satu sisi hanya sekitar 4 bangun datar saja.

Pola ini dapat diterapkan pada ruangan dengan ukuran minimalis. Dengan menerapkan segitiga besar, dapat memberikan kesan lebih luas serta simpel. Supaya lebih serasi, bisa memadukan warna cerah dan gelap untuk menghasilkan tampilan ruang lebih kekinian.

5. Garis Acak

Bukan tidak bagus, penerapan garis acak pada kamar akan membuat ruangan cenderung lebih estetik dan berbeda dari kebanyakan. Terkait warnanya, dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing pengguna bisa cerah ataupun gelap.

Konsep ini memang menerapkan garis acak dengan bentuk tidak teratur dan ukurannya cenderung beragam, mulai dari besar ataupun kecil. Jika dilihat bisa dibilang mirip dengan sarang laba-laba besar berwarna yang memberikan kesan unik serta menarik untuk dipandang lama-lama.

6. Pola Geometris Modern

Kebanyak rumah saat ini dibuat dengan konsep modern yang membuat bangunan terlihat lebih elegan dan kekinian. Ada beberapa daya tarik yang ditawarkannya, salah satunya adalah membuat ruangan terlihat lebih luas namun tetap tertata rapi.

Inspirasi desain cat kamar geometris yang bisa kamu terapkan adalah segitiga dengan paduan warna soft dan cerah misalnya grey dan kuning. Mengenai besaran masing-masing pola yang diterapkan bisa menyesuaikan kebutuhan serta deadline pengerjaan.

7. Geometris 3D

Kamar tidur akan semakin terlihat hidup dengan penerapan desain cat kamar geometris 3D. Sesuai namanya, desain ini akan memberikan efek seperti pola timbul sehingga semakin terlihat estetik. Supaya antara satu dengan lainnya bisa dibedakan secara jelas, silahkan memilih warna berbeda.

Konsep seperti ini sangat cocok dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin memiliki tampilan kamar berbeda dari kebanyakan. Akan tetapi, pada proses pembuatannya cenderung lebih lama karena membutuhkan tingkat ketelitian tinggi supaya hasilnya benar-benar sesuai ekspektasi.

Teknik Penerapan Desain Cat Kamar Geometris

Desain cat kamar geometris

Menerapkan desain cat kamar geometris tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan jika ingin mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Bukan hanya harus memilih warna, namun kamu juga perlu menentukan bagaimana bentuk yang sesuai dengan kamar serta konsep rumah. berkut penjelasannya:

1. Bersihkan dan Perbaiki Kerusakan Dinding

Tembok yang dibangun dengan paduan bahan berkualitas rendah ataupun kontur tanah tidak seimbang cenderung lebih cepat mengalami kerusakan. Apabila ingin mengaplikasikan desain kamar geometris, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu seluruh kerusakan meski hanya lubang kecil.

Ketika lubang kecil yang terdapat pada tembok diberikan pola dan cat, bukan tidak mungkin akan mengalami kendala. Sebab, terkadang dari lubang tersebut dapat merembet ke bagian lainnya yang mengakibatkan masalah seperti cat kurang awet dan mengurangi keestetikaan.

2. Tentukan Area Dinding yang Ingin Diberikan Pola Geometris

Sebenarnya penerapan pola geometris bisa di seluruh bagian ruangan, namun biasanya akan membuat tampilan kurang bagus. Supaya terlihat bagus, sangat disarankan menerapkannya pada beberapa sisi dinding saja misalnya di tembok belakang kepala ranjang.

Pola geometris dapat dipadukan dengan pola lain misalnya dinding batu bata atau menyesuaikan konsep yang diinginkan. Pastikan pemilihannya dengan mempertimbangkan keserasian serta nilai keindahan. Di samping itu pilih paduan warna yang dapat membuat kamar tidur nyaman.

3. Buat Pola

Proses pembuatan pola dapat dibantu dengan menerapkan masking tape sampai sesuai dengan model yang diinginkan. Meskipun terlihat simpel dan mudah, namun pada proses ini tetap memerlukan ketelitian serta kesabaran karena jika meleset sedikit bisa saja pola satu dengan lainnya tidak selaras.

Bagi kamu yang belum mengerti bagaimana cara penggunaan masking tape, bisa meminta bantuan tenaga ahli dalam bidangnya. Nantinya pengguna jasa akan mendapatkan hasil jadi sesuai keinginan. Akan tetapi memang harus mengeluarkan sejumlah dana dengan besaran tergantung dari tingkat kesulitannya.

4. Aplikasikan Cat Dasar

Penerapan cat dasar diperlukan dengan tujuan supaya cat untuk pola geometris dapat tertempel sempurna serta warnanya terlihat jelas. Pemilihan warna cat dasar harus memperhatikan keserasian dengan paduan lainnya guna menghindari terlalu kontras.

Baca Juga : Perhiasan dan Aksesoris, Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran 

Perlu diketahui sebenarnya proses ini dapat dilewati jika memang cat sebelumnya masih layak dan terlihat bagus. Salah satu manfaatnya adalah menghemat pengeluaran berlebih karena memang cat berkualitas cenderung cukup mahal.

5. Aplikasikan Cat pada Seluruh Pola yang Telah Dibentuk

Penerapan cat pada pola yang telah dibentuk harus rapi untuk memberikan kesan indah dan estetik pada suatu ruangan. Tahapan ini sangat menentukan bagaimana hasil akhir nantinya, oleh sebab itu sebaiknya dilakukan tenaga profesional dan sudah berpengalaman.

Di atas merupakan pembahasan mengenai rekomendasi desain cat kamar geometris sekaligus cara penerapannya. Sebelum memilih salah satu diantara, sebaiknya sesuaikan dengan konsep ruangan serta model yang diinginkan.