Resensi Novel Fiksi, Pengertian dan Tips Membuatnya

Bagaimanakah cara menyusun resensi novel fiksi yang baik? Jika Anda penggemar berat novel fiksi, tentunya ingin membuat resensi yang berkualitas. Apalagi, jika novel yang Anda baca memiliki alur cerita yang sangat baik. Maka, pastinya Anda ingin mengajak orang-orang untuk ikut membaca buku tersebut. Pada dasarnya, resensi merupakan review dari karya sastra. Tak hanya novel, Anda juga bisa membuat resensi berdasarkan komik, puisi, cerita bersambung, dan lain sebagainya.

Resensi novel fiksi yang bagus bisa membantu memperkenalkan buku novel fiksi yang baru dan berkualitas. Dengan demikian, para pembaca yang baru pun akan lebih tertarik untuk membaca buku tersebut. Sehingga, tak heran jika banyak penerbit atau pengarang buku yang rela membayar jasa pembuat resensi buku novel. Penasaran bagaimana cara membuat resensi buku novel bergenre fiksi yang bagus? ini tipsnya.

Pengertian Resensi Novel Fiksi

resensi novel fiksi definisi

Tahukah Anda bahwa kata “resensi” pada resensi novel fiksi berasal dari kata asing? Lebih tepatnya, kata yang dimaksud adalah “revidere” atau “recensie“. Biarpun sedikit berbeda, keduanya memiliki makna yang kurang lebih sama. baik “revidere” dan “recensie” sama-sama memiliki makna “meninjau kembali” atau “menilai”.

Pengertian yang kurang lebih sama juga bisa Anda dapatkan dari kamus istilah KBBI. Menurut kamus ini, “resensi” bermakna “ulasan”. Dari sini, bisa ditarik kesimpulan bahwa resensi karya novel fiksi bermakna tinjauan atau ulasan dari sebuah karya novel fiksi. Tentunya, di dalam resensi akan disertakan berbagai informasi dasar dari buku novel tersebut. Selain itu, Anda juga akan menemukan kelebihan dan kekurangan dari buku novel yang sedang dibahas.

Jenis-jenis Resensi Novel Fiksi

resensi novel fiksi jenis-jenis

Fakta menarik lainnya yang dimiliki resensi buku novel fiksi adalah, ternyata jenisnya cukup beragam. Secara umum, resensi buku terbagi menjadi 3 jenis. Masing-masing dari jenis tersebut memiliki detail konten dan fungsi yang bermacam-macam. Jenis-jenis dari resensi novel fiksi yaitu:

1. Resensi Informatif

resensi novel fiksi informatif

Resensi Informatif merupakan jenis resensi buku yang ditujukan untuk memberikan informasi novel untuk para pembacanya. Bentuk penulisan resensi ini lebih bersifat general, yaitu membahas informasi umum dari buku tersebut.

Resensi ini umumnya mencantumkan identitas dari buku beserta nama pengarang dan penerbit. Anda juga bisa membaca sekilas sinopsis dari buku tersebut. Melalui ulasan resensi informatif, pembaca jadi lebih paham mengenai konten dari buku novel tersebut secara umum.

2. Resensi Deskriptif

resensi novel fiksi deskriptif

Jenis resensi yang kedua adalah resensi deskriptif. Dibandingkan dengan resensi informatif, informasi yang disampaikan resensi ini lebih padat dan mendetail. Lewat ulasan resensi ini, pembaca bisa mengetahui tentang informasi seputar buku novel yang dibahas dengan lebih lengkap. Ini sangatlah cocok bagi pembaca yang menginginkan ulasan yang lebih mendetail dari karya novel fiksi tersebut.

3. Resensi Kritis

resensi novel fiksi kritis

Dari ketiganya, resensi kritis memberikan informasi yang lengkap. Resensi ini tidak hanya memberikan informasi dasar mendetail tentang sebuah novel fiksi. Resensi ini juga menguak poin-poin kelebihan dan kekurangan dari novel tersebut. Tak jarang, penulis resensi juga akan menyampaikan pendapat pribadinya setelah membaca karya tersebut. Jenis resensi ini bisa dibilang merupakan ulasan novel yang paling lengkap.

Unsur-unsur Resensi Novel Fiksi

resensi novel fiksi unsur

Resensi novel yang bagus adalah yang memberikan informasi menyeluruh tentang novel tersebut kepada pembaca. Agar resensi yang Anda buat berbobot, pastikan unsur-unsur ini ada di dalamnya:

1. Identitas Buku Novel yang Akan Ditulis

resensi novel fiksi identitas buku

Di awal penulisan resensi, Anda harus mencantumkan informasi identitas dari buku novel tersebut. Dengan demikian, pembaca akan langsung tahu judul dan informasi dasar dari buku novel yang akan dibahas. Identitas buku yang bisa Anda cantumkan antara lain:

  • Judul buku
  • Nama pengarang
  • Nama penerbit buku
  • jumlah halaman di dalam buku
  • Tahun penerbitan buku
  • Nomor edisi penerbitan dari buku tersebut (jika ada)

2. Sinopsis

resensi novel fiksi sinopsis

Unsur lain yang tak kalah penting dan harus ada di resensi novel fiksi adalah sinopsis. Sinopsis merupakan rangkuman dari plot cerita yang ada di dalam buku novel tersebut. Di dalam sinopsis ini Anda bisa menceritakan secara singkat isi dari buku tersebut. Sinopsis tersebut harus ditulis dengan bahasa yang lugas namun tetap dapat menarik para pembaca untuk membaca buku tersebut.

3. Unsur Kepengarangan

Anda juga bisa menambahkan unsur kepengarangan di dalam resensi yang tengah ditulis. Secara garis besar, kepengarangan merupakan deskripsi yang menjelaskan tentang pengarang buku tersebut. Ulasan ini sangatlah singkat dan memang tidak perlu panjang-panjang. Anda bisa menjelaskan mengenai pengarang dari buku novel yang akan dibahas cukup dalam 1 paragraf saja.

4. Kelebihan dan Kekurangan dari Novel yang Dibahas

Di dalam resensi buku novel yang Anda buat, pastikan untuk menyertakan kelebihan dan kekurangan. Poin ini tentunya sangatlah penting dalam membantu pembaca untuk menilai buku novel tersebut sebelum membaca. Usahakan agar selalu obyektif dalam memberikan penilaian. Ulasan kelebihan serta kekurangan buku novel ini juga bisa membantu memacu penulis agar meningkatkan karyanya di masa depan.

5. Pendapat / Opini Pribadi Penulis Ulasan

Unsur satu ini memang tidak wajib ada. Namun, dengan menyertakan insight pribadi, tentunya akan membuat ulasan resensi novel Anda jadi semakin berkualitas. Di dalam review ini, Anda bisa menyertakan pendapat pribadi setelah membaca buku novel tersebut.

Misalnya, Anda bisa mengomentari sudut pandang penulis atau isu yang diangkat di dalam novel tersebut. Dengan demikian, pembaca tentunya juga akan lebih tertarik membaca buku tersebut dan berbagi komentar dengan Anda.

Baca juga: Cara Melihat Orang yang Stalking FB Kita, Apa Saja?

Cara Membuat Resensi Novel Fiksi yang Baik dan Benar

Untuk membuat sebuah resensi buku novel genre fiksi yang berkualitas, berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan:

1. Memilih Karya Novel yang Ingin Diulas

Cobalah lihat koleksi novel fiksi terbaru Anda. Apakah ada novel terbaru dengan cerita yang menarik untuk diulas? Sebisa mungkin, pilihlah novel yang belum pernah dibahas sebelumnya. Karena, inti dari resensi adalah memperkenalkan suatu karya sastra yang baru kepada kalangan pembaca. Pastikan bahwa ada hal-hal menarik untuk dibahas dari novel tersebut. Sehingga, Anda bisa menghasilkan ulasan resensi yang benar-benar berbobot.

2. Membaca Buku yang Akan Anda Resensi

Langkah selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk membaca buku novel tersebut. Tentu saja, Anda harus membaca keseluruhan dari buku novel tersebut. Dengan begitu, Anda akan mengetahui lebih dalam mengenai sisi-sisi menarik yang pantas untuk dibahas.

3. Berikan Pembahasan yang Menyeluruh dari Novel Tersebut

Setelah tuntas membaca, barulah Anda bisa mulai menulis resensi. Seperti yang sudah dibahas tadi, resensi Anda harus memuat unsur-unsur dari novel tersebut. Mulai dari informasi identitas buku, latar-belakang singkat dari pengarang, kelebihan dan kekurangan, serta pendapat pribadi Anda mengenai karya sastra tersebut.

Semakin lengkap informasi yang diberikan, semakin banyak pula pembaca yang akan merasa tertarik. Jadi, pastikan bahwa resensi Anda memuat berbagai informasi yang dibutuhkan secara lengkap.

Kesimpulan Resensi Novel Fiksi

Dalam membuat sebuah karya resensi novel, tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Unsur-unsur seperti identitas buku, kepengarangan, kelebihan dan kekurangan, dan lain sebagainya dapat memperkaya resensi buatan Anda. Selain itu, resensi yang berasal dari kata latin “recensie” dan “revidere” terdiri dari 3 jenis. 3 Jenis resensi tersebut adalah: resensi informatif, resensi deskriptif, dan resensi kritis.

Demikianlah ulasan menyeluruh mengenai resensi novel fiksi yang menarik untuk diketahui. Kepiawaian Anda dalam menulis resensi akan semakin terasah dengan banyaknya berlatih menulis review buku novel fiksi. Selamat mencoba, dan semoga informasi ini berguna untuk Anda.