Senam Dasar PSHT Lengkap Beserta Maknanya

Kalau kamu adalah warga atau pesilat resmi dari PSHT mungkin sudah sangat familiar mendengan nama senam dasar PSHT ini. Namun mungkin  ada beberapa makna dan filosofi dibalik gerakan senam ini yang belum kamu ketahui.

Senam ini memiliki gerakan jurus 1-30 yang berisi gerakan-gerakan basic yang diajarkan pada tingkat menengah kebawah. Sementara secara keseluruhan gerakannya sendiri memiliki 90  jurus atau senam yang memiliki makna dan filosofi tersendiri.

Pengertian Gerakan Senam Dasar PSHT

senam dasar psht

Pengertian dari senam dasar dari Persaudaraan Setia Hati Terate dapat diketahui dengan membaca ulasan lengkap berikut ini. Namun sebelumnya ada hal yang perlu kamu ketahu tentang perguruan pencak silat ini.

Yaitu dalam PSHT, kamu tidak hanya belajar pencak silat atau beorganisasi saja. Namun lebih dari itu kamu juga akan mengenal  5 dasar PSHT yang meliputi:

  1. Persaudaraan.
  2. Olahraga.
  3. Bela Diri
  4. Kesenian.
  5. Kerohanian

Itulah lima dasar gerakan pencak silat PSHT yang dapat kamu pelajari ketika bergabung dan berlatih pencak silat disana. Kemudian mengenai gerakan senam dasar dalam PSHT sendiri memiliki pengertian sebagai berikut.

Senam Dasar PSHT sendiri adalah rangkaian gerakan beruntun yang diciptakan oleh Bpk, Irsyad (Alm) . yang memuliki jumlah gerakan sebanyak 90 macam dan dilakukan di tempat. Yang artinya pesilat tidak melangkah ataupun berjalan.

Gerakan senam ini merupakan bagian dari materi latihan pokok yang diajarkan kepada pesilat pemula. Juga merupakan pengembangan dari beragam gerakan dasar pencak silat yang memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Melatih dasar-dasar gerakan atau jurus.

Dengan tekun berlatih maka dasar-dasar gerakan akan dikuasai dengan mudah oleh pesilat pemula. Dan akan menjadi kunci keberhasilannya dalam menguasai jurus berikutnya.

  • Membentuk otot-otot besar dan kecil

Tujuan yang kedua dari gerakan senam ini adalah untuk mendukung dalam melakukan gerakan dengan baik dan benar. Sesuai dengan tujuan dan keinginan dari pencipta serta pesilat itu sendiri dalam menguasai gerakan silat.

  • Untuk membentuk sikap koordinasi.

Gerakan senam ini juga sangat bermanfaat untuk membantu pesilat membentuk sikap koordinasi. Sikap dasar yang harus dimiliki oleh para pesilat yang baru mulai belajar.

  • Untuk membentuk sikap tubuh yang benar

Sikap tubuh yang benar dalam silat juga menjadi tujuan dari gerakan senam ini. Gerakan seperti sikap kuda-kuda, tubuh dan tangan yang harus dalam posisi yang benar.

  • Untuk melatih rangkaian gerak yang benar

Selain untuk membentuk sikap tubuh yang benar, gerakan senam ini juga digunakan untuk melatih gerakan atau rangkaian gerak yang benar. Misalnya adalah pada gerakan arah dan lintasan.

  • Koordinasi sikap.

Kemudian manfaat yang terakhir adalah untuk melatih koordinasi sikap pesilat pemula.

Demikianlah 6 manfaat penting dari gerakan senam dasar PSHT yang akan kamu dapatkan saat bergabung dengan perguruan silat yang satu ini.

Gerakan Senam Dasar PSHT 1 Sampai 30 Beserta Penjelasan Maknanya

senam dasar psht

Pada dasarnya gerakan senam dasar PSHT meliputi 36 jurus atau gerakan dimulai dari gerakan senam 1 sampai dengan gerakan senam 36. Di dalam setiap gerakan dasar pencak silat PSHT tersebut merupakan penyatuan dari berbagai pencak silat di Indonesia.

Gerakan Lurus

Meskipun demikian hal ini tidak lantas mengartikan bahwa unsur–unsur pencak silat di luar Indonesia tidak tersirat didalamnya. Sementara itu keistimewaan jurus – jurus PSHT ini dapat dilihat misalnya pada jurus 25 dan jurus 12 yang menonjolkan identitas dari kepribadiaan serta jiwa dan semangat Persaudaraan Setia Hati Terate.

Pada umumnya senam dasar 25 ini fungsinya digunakan pada permulaan sambung yang melambangkan isyarat salam pembuka. Kemudian melangkah dengan gerak pada jurus 12 yang dilakukan dengan sikap waspada, untuk menghadapi segala kemungkinan saat ada serangan mendadak.

Dasar dari senam dasar PSHT adalah  mewujudkan garis melurus. Meskipun pada beberapa gerakan, yang bersiku silang, namun pada akhirnya tetap membentuk langkah yang lurus.

Karena gerakan lurus itu mewakili bahwa perilaku seorang SH-wan dalam keadaan apapun harus berlandaskan pada hati yang lurus, bersih. Meskipun begitu ada juga gerakan menyamping atau mundur selangkah untuk menghindari bahaya sementara, asalkan hati tetap lurus.

Senam Atau Jurus 25

Kali ini adalah gerakan pada  senam dasar 25 yang merupakan jurus yang biasanya dipakai pada pembukaan sambung sebagai isyarat salam atau uluk salam. Gerakan senam dasar PSHT ini juga merupakan isyarat pemberian doa harapan selamat baik secara lahir maupun batin.

Semua hal tersebut ditujukan terhadap hal apapun yang dijumpai di sekitarnya, bukan hanya lawan yang tidak punya perbedaan pada pangkat dan tingkat kedudukannya. Dengan adanya gerakan salam ini maka akan terlihat keakraban kehalusan budi.

Baca Juga : Perhiasan dan Aksesoris, Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran 

Juga disebabkan oleh perilaku suka menghargai harkat dan martabat orang lain tanpa pandang bulu status sosial. Gerak langkah ini dimulai dengan membungkuk atau merendahkan tubuh sambil menyentuh tanah, lalu dilanjutkan  berputar kearah kanan dan kiri.

Makna dari gerakan ini adalah menunjukkan kerendahan hati dan jauh dari sifat yang sombong. Lalu gerakan memutar kekanan dan kekiri pada senam dasar PSHT ini maknanya adalah mengingatkan kita terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Karena dari lingkunganlah kita mendapatkan sumber kekuatan.

Makna Tiap Gerakan Senam Dalam Pencak Silat PSHT

senam dasar psht

Kemudian gerakan selanjutnya setelah menyentuh tanah adalah membuka tangan yang maknanya adalah memohon doa restu. Yang melambangkan salam kita terhadap siapa saja yang ada di sekitar kita. Yang dibarengi dengan harapan agar semua senantiasa selamat dan sejahtera.

Gerakan ini juga mengajarkan arti kebersamaan jiwa dan mengerti rasa terimakasih atas kebaikan orang lain. Lalu dilanjutkan dengan menarik kaki ke arah belakang kemudian ke depan dengan sikap berdiri tegak. Dengan kedua belah tangan diangkat setinggi pelipis dan bersikap memanjatkan doa kepada sang pencipta.

Senam Dasar PSHT ini mengajarkan bahwa dalam keadaan apapun seorang insan SH wajib untuk senantiasa berdoa demi keselamatan dirinya, bukan mengandalkan apapun. Kemudian dilanjutkan dengan geraakan menghadapkan pribadinya untuk berkiblat pada Tuhan dengan penyerahan diri total.

Jurus 12 ini juga berisi isyarat memberi salam kepada lawan yang dihadapi secara langsung. Seperti berjabat tangan pada seseorang yang baru saja bertemu, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua gerakan dasar ini memiliki makna yang mendalam.

Karena menunjukkan identitas dan kepribadian seorang insan SH-wan. Dan juga menunjukkan keluhuran budi dalam merespon tantangan dari siapapun. Meskipun itu merupakan tantangan yang datang kawan maupun dari lawan.

Yang Harus Dihayati Untuk Menguasai Gerakan Senam Dasar PSHT 1 – 30

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk menguasai gerakan dasar jurus PSHT adalan dengan melatih dengan tekun untuk menguasai berdiri Alif. Juga dengan memperdalam latihan Sapta Wasita Tama yang ke tujuh dengan dasar-dasar pernafasan menurut ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate.

Semuanya tidak boleh merasa terpaksa atau dipaksa, harus berlandaskan pada keikhlasan hati. Ikhlas disini adalah dengan tidak menggerutu karena itu artinya adalah ingin mengatur Tuhan. Merasa tidak adil dan tidak sesuai dengan keinginan.

Ketika kamu tidak meragukan Tuhan, mencoba manunggal berasa yang maha kuasa maka semua hal ada padamu. Seperti sifat kejayaan, keperwiraan, kesejahteraan dan kewibawaan yang bersifat lahir batin atau jasmani dan rohani.

Demikianlah beberapa hal mengenai senam dasat PSHT yang dapat kamu pelajari dengan sungguh-sungguh. Karena akan membawa kebaikan dalam kehidupanmu dan otang-orang di sekitarmu.