Tarian Sunda Memiliki Tari yang Populer di Kalangan Masyarakat

Tarian sunda merupakan salah satu budaya yang ada di provinsi Jawa Barat. Tari ini memiliki banyak ragam. Sehingga buat kamu yang ingin menonton tarian ini sangat cocok untuk menghibur yang lagi jenuh dirumah.

Anda pasti mengetahuinya bahwa masyarakat sunda terkenal dengan ciri khasnya yang ramah dan baik, karena arti dari sunda itu sendiri “Baik. Sehingga jika ada orang sunda pasti mengetahui ciri salah satu cara bicaranya yang berbeda dengan yang lain. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan baca dibawah ini.

Tarian Sunda Memiliki Budaya yang Unik

Tarian sunda

Setiap daerah memiliki budaya keunikan yang berbeda-beda. Sehingga untuk tarian sunda ini tentu memiliki keunikan yang mudah diingat oleh masyarakat. Nah, apa saja keunikan budaya tarian sunda ini.

1.         Tutunggulan

Keunikan budaya Sunda yang pertama adalah kesenian tutunggulan. Kesenian tutunggulan ini merupakan kesenian dimainkan di atas lumbung padi untuk menghasilkan irama dari alu dan lesung.

Sehingga keunikan kesenian ini jika dilihat terletak pada bunyi-bunyi yang dihasilkan dari benturan lesung dan alu. Selain itu juga, kesenian umumnya dimainkan oleh beberapa wanita dengan menyanyikan tembang-tembang Sunda.

Sehingga jika kamu ikut menyaksikan penampilan tersebut tentu akan terhibur. Alasannya karena tari itu sangat unik untuk ditampilkan.

2.         Lengser

Selanjutnya keunikan budaya Sunda yang kedua adalah kesenian lengser. Kesenian unik dari tanah Sunda biasanya dimainkan pada acara-cara upacara adat dan pernikahan. Namun, terkadang acara ini juga dimainkan pada acara-acara formal seperti penyambutan tamu.

Sehingga jika kamu ada acara formal bisa menggunakan kesenian tersebut. tujuannya guna membantu kamu untuk membuat penapilan yang menarik. Selain itu juga, kesenian ini mencerita yang tokoh Ki Lengser yang ditemani dengan seorang istri yang bernama Si Ambu.

Kemudian keunikan pada kesenian ini terletak dialog-dialog yang dihadirkan ketika pertunjukkan berlangsung. Umumnya dialog-dialog yang dihadirkan adalah dialog yang mengundang tawa para tamu undangan. Sehingga sangat cocok mengundang kesenian tersebut untuk menghibur penonton.

3.         Rengkong

Kemudian keunikan budaya Sunda yang ketiga adalah Rengkong. Kesenian rengkong bisa dikatakan sebagai kesenian yang menggambarkan budaya masyarakat Sunda yang suka bertani.

Kesenian ini menggunakan alat panggul beras yang terbuat dari bambu dengan panjang sekitar dua meter. Kemudian, alat panggul itu dikaitkan dengan setandan beras. Sehingga mengeluarkan suara gesekan yang menjadi unik di rengkong.

Selain itu, umumnya mereka memainkan kesenian menggunakan baju kampret (pakaian adat tradisional Kesepuhan Sunda). Selain baju kampret, mereka juga mengenakan celana pangsi hitam dan tutup kepala khas Sunda. Sehingga kesenian ini jika dilihat sangat bagus ditonton oleh masyarakat.

4.         Rampak Gendang

Keunikan yang terakhir adalah budaya Sunda berupa rampak gendang. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “rampak” berarti bersama-sama atau serempak. Sehingga kesenian khas Sunda ini bisa dikatakan sebagai suatu pertunjukan permainan gendang yang dimainkan secara bersama-sama.

Selain itu, kesenian ini butuh kekompakan yang sama saat tampil di panggung. Tujuannya agar tari yang ditampilkan itu unik dan bagus untuk digunakan. Sesuai dengan namanya maka permainan gendang ini dimainkan lebih dari dua orang atau lebih.

Pada zaman dahulu rampak gendang diselenggarakan pada acara ritual dan acara pesta. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, permainan ini dapat dikolaborasikan dengan dengan gamelan jawa, tari jaipong, hingga menjadi pengiring lagu pop. Sehingga jika dimainkan sangat modern karena campuran kesenian tradisional dengan kesenian modern.

Selain kesenian budaya yang unik di atas. Tentu ada beberapa macam tarian sunda yang populer di setiap daerah yang digunakan. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan baca informasi dibawah ini dengan tepat.

Tari yang Populer di Kalangan Masyarakat

Tarian sunda

Ada beberapa macam tentang tari populer yang ada di kalangan masyarakat. Sehingga menjadi tari modern saat ini. nah, untuk anda yang ingin mengetahui silahkan baca informasi di bawah ini dengan benar.

1.         Tari Merak

Tarian merak merupakan tarian tradisional yang ada Jawa Barat. Gerakan dan pakaian ini hampir sama seperti burung Merak yang sedang membuka ekornya yang indah. Sehingga tarian ini bisa dikatakan sebagai tarian yang terinspirasi dari burung Merak.

Tarian merak ini diciptakan oleh Tjetje Somantri. Tarian ini sudah mulai dikenal di dalam negeri atau luar negeri. Selain itu, pementasan tarian ini terdiri dari tiga orang penari atau lebih.

2.         Tari Jaipong

Tari Jaipong dapat dikelompokkan sebagai tarian yang modern saat ini. Alasannya karena tarian ini sudah diperbarui yang awalnya tradisional menjadi modern. Sehingga tarian ini sudah terkenal di pancanegara.

Selain itu tari jaipong ini diciptakan seorang seniman yang bernama Gugum Gumbira. Pada tahun 1980 tari jaipong ini pernah menuai kontroversi karena dianggap terlalu erotis.

Tetapi, seiring berjalannya waktu. Kini jaipong sudah bisa diterima lagi oleh masyarakat luas, bahkan hingga lirik oleh masyarakat luar negeri. Gerakan tarian ini   memiliki karakteristik sendiri yang menunjukkan keindahan pada tarian tersebut.

3.   Tari topeng

Tari topeng ini merupakan tarian tradisional Jawa Barat khususnya daerah Cirebon. Tari topeng sudah ada sejak abad ke 19. Alasan dikasih nama tari topeng karena saat pertunjukkan, para penari memakai topeng khas suku Sunda.

Sehingga tari topeng ini biasanya dipentaskan di acara pentas senin, perkawinan, khitanan, serta acara lainnya. Selain itu, tari topeng berfungsi sebagai tarian menyambut tamu.

4.         Tari Blantek

Untuk selanjutnya tari blantek yang merupakan tari khas sunda menggunakan dialog-dialog lucu. Pada tari blantek tidak hanya dimainkan oleh perempuan, tetapi laki-laki juga ikut berperan mensukseskan acara tersebut.

Saat ini terjadi perkembangan zaman yang menjadikan tarian ini dipengaruhi lagu pop dan dangdut. Bukan hanya lagu saja, tetapi alat musik dari tari blantek ini juga dipengaruhi dengan alat musik pop dan dangdut.

Pada awalnya alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari blantek rebana, kendang, kecrek, dan gong. Namun, saat ini, alat musik modern, seperti keyboard,  gitar, bas, yang sudah menjadi bagian dari tari blantek.

5.         Tari Ronggeng Bugis

Tari ronggeng bugis ini merupakan tari yang berasal dari kota Cirebon. Dalam pementasannya, para penari tari Ronggeng Bugis akan berdandan dan menari seperti perempuan. Umumnya, tarian ini terdiri dari 12 orang sampai 20 orang.

Saat penari perempuan ini di make up itu seperti badut. Bukan seperti perempuan lainnya yang cantik. Sehingga penonton yang melihat itu tari ronggeng itu tertawa karena kelucuan yang ia tampil.

Baca Juga : Tarian Kupu-Kupu, Mengenal Tari Kreasi Asli Dari Bali

Selain itu Sejarah tarian Ronggeng Bugis adalah tarian yang awal mulanya digunakan untuk memata-matai Kerajaan Pajajaran. Pada saat itu, menjadi mata-mata suatu kerajaan dikenal dengan sebutan “telik sandi”. Nama lain “telik sandi” adalah tarian Ronggeng Bugis.

Maka dapat disimpulkan bahwa tarian sunda ini memiliki banyak macam. Salah satunya adalah tarian jaipong yang terkenal di pancanegara. Tari jaipong yang awalnya tradisional sekarang sudah menjadi tari modern.