Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah

Mengetahui mengenai tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah menjadi hal penting karena berkaitan dengan keabsahan menjalankan berbagai ibadah baik sunnah maupun wajib. Oleh karenanya harus memperhatikan detailnya supaya bisa benar-benar sesuai syariat.

Penyebab Mandi Wajib untuk Laki-laki

tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah

Perlu diketahui bahwa mandi wajib dilakukan karena beberapa alasan baik untuk wanita maupun laki-laki. Bukan seperti mandi pada umumnya, kegiatan ini dilakukan karena beberapa alasan. Apa saja itu? Penjelasan lebih lanjutnya bisa disimak pada paparan berikut:

1. Keluar Air Mani

Ada beberapa penyebab keluar air mani pada laki-laki yaitu mimpi basah atau bersetubuh dengan pasangan. Bukan hanya itu, onani yaitu merangsang diri sendiri untuk mendapatkan kenikmatan seksual juga termasuk penyebab mandi wajib. Pastikan kamu selalu waspada serta mampu membedakan cairan yang keluar dari kelamin.  

Ketika hal tersebut terjadi maka kamu perlu melaksanakan mandi wajib dengan tata cara khusus. Tujuannya adalah agar ibadah yang dilaksanakan sah serta diterima.

Namun bagaimana ketika tidak ada air sebab kekeringan atau alasan penggunaan lain? jika demikian terdapat aturan khusus yang perlu diketahui untuk kehati-hatian. Jangan sembarangan dalam melaksanakan ibadah tanpa mempertimbangkan tata caranya.

2. Berhubungan Seksual

Pada poin sebelumnya telah disinggung mengenai penyebab keluarnya air mani, salah satunya adalah berhubungan seksual. Setiap selesai melakukan kegiatan ini, kamu [perlu mandi wajib sebelum melaksanakan berbagai ibadah baik sholat, puasa, atau menyentuh Al-Quran.

Pelaksanaannya diperkuat dengan sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a yang intinya menyebutkan jika seseorang menyetubuhi istrinya, maka wajib baginya untuk melaksanakan mandi wajib menerapkan tata cara sesuai syariat.

Begini Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah

tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah

Tidak bisa dilakukan secara sembarangan, pastikan mempraktikkan tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah. Tujuannya supaya seluruh ibadah bisa diterima karena memang banyak kasus minimnya pengetahuan mengenai mandi besar yang berdampak pada keabsahan ibadah. Berikut ulasannya:

  • Pada saat masuk ke kamar mandi, silahkan ambil air secukupnya.
  • Basuh bagian tangan sebanyak 3 kali secara merata.
  • Gunakan tangan kiri untuk membersihkan kemaluan.
  • Wudhu dengan tata cara layaknya akan melaksanakan ibadah sholat.
  • Niat mandi wajib dibarengi dengan mengguyurkan air.
  • Guyurkan air di kepala sampai pangkal rambut sejumlah 3x pengulangan.
  • Bersihkan kepala bagian kanan lalu ke kepala kiri.
  • Sela-sela rambut kepala serta jenggot jika memilikinya.
  • Lanjutkan dengan mengguyur badan bagian kanan terlebih dahulu.
  • Susul dengan mengguyur tubuh bagian kiri.
  • Masing-masingnya dilakukan sampai 3x.
  • Jangan lewatkan menggosok tubuh bagian belakang dan depan.
  • Jangkau juga lipatan-lipatan kulit serta rambut.
  • Guyurkan air merata untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Manfaat Mandi Wajib untuk Kesehatan Tubuh

Bukan hanya karena tuntutan syariah, ternyata mandi wajib sendiri memiliki manfaat baik untuk tubuh. Dalam kitab berjudul Ibadatul Islam: Fiqhuhu, Asroruha, wa Ta’alumu Kaifiyat dalam bab fawaidul ghusli karya Syekh Muhyidin disebutkan sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Setelah berhubungan badan, kemungkinan terjadinya penularan bakteri cukup besar. Oleh karenanya disyariatkan menerapkan tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah. Dengan begitu tubuh dapat terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan utamanya disebabkan oleh bakteri.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa perlu mandi wajib setelah berhubungan badan. Selain menjaga kebersihan tubuh dari kontaminasi bakteri, juga membuat aroma tubuh tidak terlalu menyengat karena saat melakukan kegiatan pengeluaran sperma biasanya akan berkeringat.

2.   Menenangkan Otot dan Persendian

Saat udara sekitar sedang dingin, diperbolehkan melaksanakan tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah menggunakan air hangat. Umumnya hal ini banyak dilaksanakan saat Ramadhan karena setelah berhubungan badan harus bersuci sebelum masuk waktu subuh.

Kaitannya dengan keabsahan ibadah puasa yang akan dijalankan. Mengapa menggunakan air hangat? Salah satu manfaatnya adalah bisa menenangkan otot dan persendian yang menegang setelah melakukan aktifitas seksual.

3. Mengobati Depresi

Setelah laki-laki mengeluarkan air mani atau biasa disebut sperma, seringkali tubuh akan mengeluarkan hormon bahagia. Dengan begitu tingkat stres bisa menurun secara signifikan. Akan lebih maksimal lagi jika diimbangi melaksanakan tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah.

Efek segar setelah mandi akan membuat sirkulasi darah menuju otak lebih lancar. Alhasil beban di pikiran bisa lebih ringan serta tidak sampai menimbulkan rasa pusing berkepanjangan. Hanya saja kamu perlu memperhatikan tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah sekaligus niatnya.

4. Mencerahkan Kulit

Ketika sirkulasi di bagian bawah kulit lancar, maka kulit bisa menjadi lebih cerah. Dampaknya juga berpengaruh pada bagian rambut sehingga lebih sehat serta tidak gampang rontok. Saat akan menjalankan prosesnya, sebaiknya ketahui bagaimana tata caranya.

Baca Juga : Cara Cek Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022

Tidak seperti mandi pada umumnya, mandi wajib memiliki aturan khusus serta niat. Jangan sampai keliru saat melafalkan niatnya karena akan berpengaruh pada keabsahan ibadah-ibadah yang dijalankannya.

Ketika mandi wajib, pastikan membersihkan seluruh bagian tubuh secara menyeluruh. Perhatikan setiap lekukan kecil pada tubuh agar kotoran tidak sampai mengendap di dalamnya. Selain itu pastikan untuk membersihkan area kemaluan supaya benar-benar suci kembali.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat sirkulasi darah dalam tubuh dapat mengalir lancar, maka sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Dengan begitu kamu tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit baik berbahaya maupun ringan sekalipun.

Kapan Diharuskan atau Tidak Diharuskan Melaksanakan Mandi Wajib?

Mandi wajib bagi laki-laki dilaksanakan karena keluarnya air mani baik karena mimpi atau berhubungan seksual. Ada ketentuan yang perlu kamu ketahui saat akan menjalankan mandi wajib karena keluarnya mani. Berikut ulasannya:

  • Tidak semua air mani yang keluar mewajibkan laki-laki melaksanakan mandi wajib misalnya saja ketika seseorang mengeluarkan cairan tersebut karena kelelahan, cuaca, atau kedinginan dan tanpa syahwat, maka tidak perlu melaksanakan mandi wajib.
  • Ketika seseorang syahwatnya sedang naik, namun menahan agar air mani dari kemaluannya tidak keluar maka tidak perlu menjalankan mandi wajib.
  • Saat seseorang melaksanakan sholat namun menemukan bekas air mani baik masih basah ataupun kering di pakaiannya, maka perlu mengulangi sholatnya setelah bersuci. Tindakan ini perlu dilakukan ketika seseorang meyakini jika cairan tersebut adalah air mani meski tidak ingat mimpinya.

Akan tetapi apabila seseorang ragu-ragu mengenai air apa itu karena air rembesan hujan atau mani, maka tetap harus menjalankan mandi wajib untuk menjaga kesucian supaya sah saat menjalankan ibadah.

  • Sebagai yang dikatakan Ibnu Mundzir, seseorang tidak perlu melakukan mandi meskipun bermimpi jika tidak mengeluarkan air mani.

Tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah di atas perlu dilaksanakan apabila memenuhi ketentuan sebagaimana penjelasan setelahnya. Jangan sampai melakukan kesalahan fatal, karena dapat berakibat buruk pada keabsahan suatu ibadah,