Tips dan Cara Membuat Foto Menjadi HD di Picsart

Setiap aspek dari sebuah website harus dimaksimalkan untuk meningkatkan value dari website tersebut. Termasuk salah satunya adalah elemen gambarnya. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dari gambar sebuah website, salah satunya adalah resolusinya. Untuk kamu yang membutuhkan gambar dengan resolusi tinggi untuk website kamu, ini dia cara membuat foto menjadi HD di PicsArt yang wajib kamu tahu.

Pentingnya Gambar Dengan Ukuran Besar Untuk Promosi

Optimalisasi gambar adalah salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah website dan digital marketing. Gambar dengan resolusi tinggi akan menarik perhatian search engine lebih besar. Selain untuk digital marketing, pembuatan flyer, brosur dan lain-lain juga membutuhkan gambar dengan kualitas tinggi.

Karena kualitas gambar yang tinggi sangat penting ini, pastikan kamu selalu menggunakan gambar besar, jelas dan clear di setiap konten kamu. Selain kualitas yang baik, gambar juga harus selaras dengan isi konten. Lalu bagaimana jika kamu menemukan gambar yang sangat mewakili konten tapi beresolusi rendah? Kamu bisa menggunakan cara membuat foto menjadi HD di PicsArt berikut ini.

Hal Penting Untuk Diperhatikan Sebelum Kamu Meningkatkan Ukuran Resolusi

cara membuat foto menjadi HD di PicsArt

Sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam tutorial meningkatkan resolusi gambar, kamu wajib tahu berapa hal penting berikut ini :

Ukuran target foto

Salah satu hal penting untuk diperhatikan ketika kamu ingin mendapatkan gambar dengan ukuran HD adalah mengenai target foto kamu. Apakah untuk gambar website, untuk flyer, untuk brosur atau untuk keperluan lainnya.

Karena penggunaan dari foto dengan resolusi tinggi ini memang sangat luas, maka kamu juga harus tahu bahwa untuk tiap kebutuhan grafis akan membutuhkan ukuran maksimal yang berbeda. Misalnya, kamu akan membuat foto menjadi sebuah gambar untuk background flyer kecil maka kamu bisa menggunakan ukuran 4.25 inci x 5.5 inci dan 1275 x 1650 px.

Jika kamu ingin membuat gambar untuk penggunaan media promosi yang lebih besar sudah pasti ukuran gambar dan kerapatan piksel akan lebih besar. Untuk tahu rekomendasi terbaiknya kamu bisa cari sendiri di search engine yang biasa kamu gunakan.

Kerapatan piksel dan ukuran gambar

Hal kedua yang tidak boleh dilupakan saat kamu menggunakan cara membuat foto menjadi HD di PicsArt ini adalah melihat kerapatan piksel dan juga ukuran gambar. Saat kamu menginginkan gambar yang jelas dengan kualitas HD, jangan hanya memperhatikan resolusi dari gambar itu saja. Selain resolusi, ternyata ukuran gambar dan juga kerapatan piksel juga sangat berpengaruh.

Hubungan antara kerapatan piksel dan ukuran gambar sangat bergantung satu sama lain untuk menentukan kualitas gambar. Jika sebuah gambar dinaikkan ukurannya tapi tidak berubah jumlah pikselnya maka hasil pembesaran akan blur.

Untuk menghindari terjadinya gambar blur ini, maka perlu dilakukan interpolation. Interpolation adalah sebuah cara untuk meningkatkan jumlah piksel dalam sebuah gambar saat dilakukan resize atau perubahan ukuran. Biasanya interpolation akan digunakan oleh alat manipulasi seperti salah satunya PicsArt.

Interpolation merupakan sebuah kecerdasan buatan yang bertugas untuk memprediksi dan mengisi ruang-ruang-ruang kosong di antara piksel. Tujuannya agar jumlah piksel bisa menyesuaikan ukuran gambar yang diinginkan. Alat ini akan memprediksi piksel seperti apa yang tepat sesuai dengan piksel di sekelilingnya. Hal ini yang membuat teknik interpolation akan menghasilkan gambar ukuran lebih besar yang real.

Ragam cara membuat foto menjadi HD di PicsArt

cara membuat foto menjadi HD di PicsArt

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu kelebihan menggunakan PicsArt untuk meningkatkan kualitas foto menjadi HD adalah karena adanya fitur interpolation. Selain itu, aplikasi PicsArt juga bisa digunakan baik di ponsel maupun di desktop Anda. Hal ini membuat penggunaan aplikasi ini menjadi lebih fleksibel.

Menggunakan PicsArt di ponsel

Untuk kamu yang ingin meningkatkan kualitas gambar dengan menggunakan PicsArt, kamu juga bisa menggunakan ponsel kamu untuk bekerja. Dengan memasang aplikasi PicsArt di ponsel kamu, kamu bisa bekerja di mana saja kamu membutuhkannya. Nah, jika kamu ingin coba menggunakan cara membuat foto menjadi HD di PicsArt mobile, berikut ini adalah langkahnya.

·       Unduh aplikasi PicsArt di Google Play

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play. Ukuran file untuk diunduh hanya sekitar 40MB. Oleh karena itu, aplikasi ini cukup ringan dan tidak memberatkan ponsel kamu.

Setelah kamu unduh, kamu bisa membuka aplikasi ini untuk melanjutkan proses editing. Jika kamu masuk ke halaman berlangganan, kamu bisa langsung klik tanda silang yang ada di bagian kiri atas layar ponsel kamu. Kamu tidak perlu khawatir karena fitur berlangganan hanya untuk menghilangkan iklan.

·       Cari tombol “+” berwarna ungu

Jika aplikasi kamu baru pertama kali dibuka, kamu bisa langsung pilih foto yang akan kamu edit di deretan foto terakhir di galeri kamu. Akan tetapi jika aplikasi sudah di gunakan cukup lama, kamu bisa cari tombol “+” berwarna ungu.

Tombol ini bisa kamu temukan di bagian bawah tengah aplikasi PicsArt mobile kamu. Jika kamu sudah menemukannya, klik. Setelah itu kamu akan diarahkan pada galeri untuk memilih foto yang ingin kamu edit.

·       Pilih dan unggah

Setelah kamu temukan foto yang akan kamu edit, kamu bisa pilih foto tersebut dan unggah ke aplikasi kamu.

·       Pilih fitur resize

Selanjutnya, setela kamu mengunggah foto, foto akan di tampilkan di lembar editor aplikasi PicsArt kamu, kamu bisa pilih tombol tools. Dari situ kamu akan melihat banyak alat yang bisa kamu gunakan untuk melakukan editing. Di deretan alat ini, kamu bisa pilih tools resize.

·       Pilih ukuran gambar yang kamu inginkan

Setelah kamu klik tools resize, kamu bisa pilih ukuran gambar yang kamu inginkan. Ingat ukuran gambar ini adalah dalam piksel. Kamu bisa cari rekomendasi ukuran yang paling sesuai untuk kebutuhan kamu.

·       Simpan gambar kamu

Cara membuat foto menjadi HD di PicsArt adalah dengan menyimpan gambar kamu. Untuk menyimpannya, kamu bisa klik tombol panah ke bawah. Di sini kamu bisa langsung menyimpan gambar kamu langsung di ponsel kamu atau bisa juga membagikannya langsung ke sosial media kamu.

Menggunakan aplikasi PicsArt website

Selain menggunakan aplikasi mobile, kamu juga bisa menggunakan aplikasi PicsArt di desktop. Akan tetapi bentuk dari aplikasi ini adalah aplikasi website based sehingga kamu akan perlu koneksi internet untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga : VidNow Apk Penghasil Uang : Download Versi 1.7.0 Terbaru

Untuk melakukan editing PicsArt di website, kamu tidak perlu khawatir karena caranya tidak jauh berbeda dengan penggunaan aplikasi PicsArt di aplikasi ponsel kamu.

Cara membuat foto menjadi HD di PicsArt memang sangat mudah. Selain itu ada banyak sekali tools yang bisa kamu gunakan sehingga membuat aplikasi ini sangat bermanfaat untuk masalah editing foto.