Yuk Simak Contoh Surat Bisnis Jika Anda Bingung Membuat Surat Bisnis

Contoh Surat Bisnis – Surat-menyurat tentu saja bukan hanya indentik dalam dunia perkantoran serta organisasi pemerintah saja. Tetapi administrasi seringkali menjadi salah satu bagian yang tak mampu terpisahkan dalam urusan bisnis. Surat bisnis merupakan surat yang ditulis menggunakan bahasa resmi dan dipergunakan sebagai media komunikasi antara organisasi bisnis, lembaga lain bahkan juga personal tertentu.

Mengenal Surat Bisnis

contoh surat bisnis

Sekarang ini surat menjadi hal yang terbilang tidak asing lagi bagi masyarakat. Terlebih dalam dunia bisnis. Fungsi dari surat tentunya menjadi sarana untuk menyampaikan pesan secara tertulis baik untuk kepentingan pribadi, kedinasan bahkan pihak tertentu. Sekarang sudah tersedia beragam contoh surat bisnis yang bisa dijadikan inspirasi.

Ada banyak surat bisnis yang sengaja ditulis mempergunakan surat elektronik seperti halnya email. Surat bisnis seringkali dipergunakan seseorang yang bergelut dalam dunia dagang maupun lainnya. Surat tersebut menjadi salah satu surat dengan jangkauan paling luas jika dibandingkan dengan surat pribadi.

Banyaknya surat bisnis yang sering dipergunakan oleh perusahaan baik itu surat penawaran, pesanan bahkan surat permintaan penawaran mampu memberikan kemudahan pada siapapun untuk membuatnya sendiri.

Yang terpenting adalah anda memahami struktur tepat penulisan surat bisnis. Apalagi sekarang sudah tersedia beragam contoh surat bisnis yang baik dan benar. Jadi anda bisa memahaminya sebaik mungkin.

Surat yang dibuat ini konon bertujuan untuk menghadirkan kelancaran perusahaan dan bakalan berimbas pada berkembangnya perusahaan tersebut. Surat bisnis ini biasanya berisikan mengenai pesan bisnis yang dikirimkan oleh pihak lain.

Bahkan juga boleh disebut juga sebagai surat niaga. Dimana kedua surat tersebut dari segi kegiatan memang sama. Apalagi menurut isinya surat bisnis ada banyak macamnya tergantung pada keperluan perusahaan itu sendiri. Wajar saja jika sampai dengan saat ini masih banyak perusahaan yang mengandalkan surat bisnis untuk menjalin kerjasama.

Apapun itu jenis bisnisnya sudah pasti butuh kerja sama dengan pihak lainnya. Beruntungnya sekarang sudah tersedia beragam jenis contoh surat bisnis yang bisa dijadikan inspirasi terbaik. Dari contoh ini kita bisa memahami secara detail seperti apakah suratnya. Hingga dalam hal struktur penulisan pun juga perlu diperhatikan.

Mengenal Fungsi Dari Surat  Bisnis

contoh surat bisnis

Pada dasarnya kehadiran surat  bisnis ini memang terbilang penting sekali dibandingkan dengan kehadiran telepon, telegram bahkan lainnya. Keberadaan surat bisa memberikan pernyataan resmi bahkan nantinya bisa dipertanggung jawabkan secara lebih. Penulisan dalam surat tentu saja juga perlu anda perhatikan bahkan disesuaikan menurut ejaan yang telah disempurnakan.

Apabila kita berbicara mengenai fungsi surat bisnis pastinya cukup banyak sekali. Mungkin saja banyak yang belum paham akan beragam fungsinya. Jangan merasa khawatir lagi karena kita bakalan mengulas tentang fungsi surat bisnis berikut ini:

  1. Menjadi sarana komunikasi bagi pengirim surat.
  2. Memberikan pesan bisnis berisikan hal yang harus ditindaklanjuti.
  3. Menyampaikan permintaan gagasan dalam suatu bisnis.
  4. Menjadi dokumen tertulis.
  5. Sebagai sarana alat pengingat.

Itulah tadi berbagai macam manfaat dari surat bisnis yang perlu anda ketahui. Karena bagaimana pun juga kehadiran dari surat tersebut memang terbilang begitu penting sekali bagi sebuah perusahaan. Terlebih bagi perusahaan yang berkeinginan menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya.

Inilah Contoh Surat Bisnis

contoh surat bisnis

Bagi siapapun anda yang berkeinginan membuat surat bisnis pastinya membutuhkan struktur penulisan yang tepat. Dimana sebetulnya pembuatan surat tersebut teramat mudah sekali. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti halnya kop surat, tanggal, tujuan, nomor surat, isi bahkan bagian penutupnya. Semuanya ini memang harus lengkap supaya surat terkesan lebih resmi dan bisa dipergunakan dalam berbisnis.

Jangan sampai lupa juga anda perhatikan bahasa yang dipergunakan. Bisa dengan mempergunakan bahasa Indonesia bahkan juga bahasa Inggris. Semuanya tergantung pada kemampuan masing-masing. Jika memang sekarang ini anda begitu penasaran akan contoh surat bisnis. Alangkah baiknya anda menyimak contohnya berikut ini:


UD. Sehat Sentosa Sejahtera

Jln. Cempaka Barat No.123 Kelurahan Damai Sidoarjo – Jawa Timur
July 15, 2017

Mr. Edi Saniaji
PT. Barokah Makmur Abadi

Jln. Sudirman No. 234 Jakarta

Yth. Mr Saniaji
Kami merasa bahagia mampu menerima informasi lebih lanjut terkait tawaran kisaran harga yang terbilang lebih rendah dari produk busana berbahan sutra serta katun ini. Seperti yang sudah dipamerkan pada stand anda sewaktu acara Pekan Raya Jakarta pada bulan Juli lalu.

Perwakilan anda saat itu memberikan kami beberapa harga infikatif namun kami merasa ini masih terbilang lumayan tinggi. Kami pun percaya jika kami bisa menempatkan pesanan rutin bulanan sekitar dua ratus item pakaian jika memang anda mau menurunkan harganya sebesar 10 persen. Kami berharap untuk segera memperoleh kabar baiknya dari anda.

Hormat kami
Vika Veronika(Manager UD Prima Jaya Sentosa)

Itulah tadi sekilas contoh surat bisnis yang biasanya diberikan pada perusahaan lain terkait penawaran barang. Semoga saja dengan hadirnya contoh tersebut semakin memperluas pengetahuan anda mengenai surat bisnis. Bagaimana pun juga surat tersebut masih saja terbilang penting bagi perusahaan.

Bagian Penting Dalam Surat Bisnis

contoh surat bisnis

Apabila kita melihat sekilas contoh surat bisnis yang sudah tersedia di atas. Pastinya ada beberapa bagian surat yang wajib anda cantumkan. Jika belum mengerti sebaiknya simak saja uraian berikut:

Alamat pengirim serta kop surat

Kedua bagian ini memang terbilang penting sekali untuk dilengkapi. Apabila anda mengirimkan surat antar instansi. Jangan sampai lupa cantumkan kop surat sekaligus alamat pengirimnya.

Tanggal surat

Ketika kop surat sekaligus alamat pengirim sudah anda cantumkan. Sekarang bisa melangkah pada tahap selanjutnya yakni tanggal penulisan surat. Apabila mempergunakan kop surat sebaiknya anda mengetik pada 2 hingga 6 baris yakni jarak kosong dengan kop surat.

Alamat penerima

Usahakan menuliskan nama penerima secara lengkap. Jangan sampai lupa juga mengikutkan posisi jabatan bahkan tempat perusahaannya.

Salam

Pengucapan salam Yth Bapak atau Yth Ibu tergantung pada si penerima. Jika memang masih merasa ragu sebaiknya pergunakan Sdr.

Isi surat

Usahakan menuliskan isi surat dengan singkat dan jelas. Hal ini supaya nantinya pembaca cepat paham akan isi suratnya. Supaya isi surat baik dan benar usahakan menuliskan topik utamanya secara terpisah. Hindari mempergunakan kata yang terlalu panjang sebab menyulitkan pembaca memahami isi suratnya.

Kalimat penutup surat

Salam sekaligus kalimat penutup berisikan tentang harapan anda dan nantinya bakalan diakhiri dengan “Hormat kami”. Jangan sampai lupa juga membubuhinya menggunakan tanda tangan.

Baca Juga : Perhiasan dan Aksesoris, Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran 

Itulah tadi sekilas penjelasan menarik terkait contoh surat bisnis yang perlu anda pahami. Dimana surat resmi ini masih saja dipergunakan perusahaan untuk menjalin komunikasi terkait kerjasama perusahaan.

Semoga saja dengan kehadiran penjelasan di atas semakin memperluas pengetahuan. Terlebih mengenai surat bisnis yang sering dipergunakan oleh sebuah perusahaan. Memahami struktur penulisan surat tersebut memang terbilang penting sekali dan pastinya perlu diperhatikan dengan baik.

Hal ini tak lain untuk menghindari kekeliruan yang mungkin saja terjadi. Jadi alangkah baiknya anda memperhatikan dengan detail penulisan surat bisnis ini. Setiap jenis surat bisnis mempunyai kegunaan yang berbeda antara satu dan lainnya.